Inilah Tips Bagaimana Cara Mencegah Serangan FIV pada Kucing

G:\ARTIKEL INDO\JUNI 2022\SUSAN PROJECT\Pesanan Royal Canin (Batch 3) Mei 2022 - Minggu 3\Placement\fiv pada kucing.png

Ternyata kucing juga memiliki berbagai virus yang dapat menyerang kesehatannya, sama halnya seperti manusia. Salah satu virus yang dapat menyerang kesehatan kucing adalah Feline Immunodeficiency Virus atau FIV pada kucing. Terdapat seorang peneliti yang menyebutkan apabila virus yang satu ini sama halnya seperti virus HIV yang menyerang manusia atau lebih tepatnya menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. FIV ini yang paling utama ditularkan dari kucing ke kucing melalui gigitan yang dalam. Atau pada umumnya virus yang satu ini terjadi di luar ruangan selama terdapat sebuah perkelahian antara kucing satu dengan kucing yang lainnya.

Namun, juga cara penularan lainnya yaitu dari induk kucing yang terinfeksi FIV ke anaknya yang dilahirkan, tetapi cara yang satu ini jarang ditemui. Yang sangat penting untuk diperhatikan tentang virus ini ini adalah tidak menularkan melalui kotak kotoran, mangkok makanan, dan beberapa cara atau kontak biasa lainnya. Perlu Anda ketahui bahwa semua jenis kucing pada dasarnya memang rentan terkena virus yang satu ini. Tetapi yang lebih berisiko besar untuk terjangkit virus ini adalah kucing jantan yang yang biasanya berkeliaran di luar rumah.

Di sisi lain, kucing yang sering di rumah atau di dalam ruangan mempunyai kemungkinan kecil untuk terinfeksi FIV kucing ini. Sangat disayangkan, bahwa kucing yang terinfeksi virus yang satu ini mungkin saja tidak menunjukkan sebuah gejala apapun selama bertahun-tahun. Tetapi, apabila gejalanya sudah berkembang ke seluruh tubuhnya maka gejala tersebut akan terus berkembang dan bahkan menjadi lebih parah. 

Bagaimana Cara Mencegahnya?

Anda sebagai pemilik kucing, cara yang terbaik untuk mencegah kucing tertular FIV pada kucing adalah dengan menjaga kucing kesayangan Anda untuk tetap di dalam rumah maupun dengan menghindari kemungkinan kontak dengan kucing lain yang terinfeksi. Apabila memang ingin mengajak kucing Anda keluar ruangan, sangat mengguna tali ke mana-mana atau melakukan kontak luar yang lain. Selain itu, Anda juga harus memberikan makanan yang bernutrisi tinggi seperti produk dari Royal Canin, misalnya. Pada umumnya kucing yang ingin dipelihara akan diuji terlebih dahulu apakah ia terjangkit virus FIV kucing atau tidak.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk " Inilah Tips Bagaimana Cara Mencegah Serangan FIV pada Kucing"

Posting Komentar