5 Mata Kuliah Film yang Bermanfaat Setelah Lulus Nanti

Anda ingin belajar di bidang perfilman? Saat ini, ada banyak kuliah film yang sudah hadir di negara kita, lho. Anda bisa memilih berbagai tempat menarik. Namun, sebelum Anda memilih, ketahui terlebih dahulu mata kuliahnya. Karena, ada beberapa mata kuliah yang wajib ada di tempat tersebut.

Nah, berikut ini, kami akan coba jelaskan apa saja mata kuliah yang penting setelah lulus kuliah perfilman nanti:

1.      Mata Kuliah Screenwriting

Di sini Anda akan belajar bagaimana cara menulis skenario  yang baik dan benar. Seperti yang kita ketahui, penulisan skenario adalah hal yang sangat penting sekali. Bahkan, Anda tidak hanya sekedar menulis skenario saja. Di sini, Anda akan mempelajari banyak sekali dasar-dasar penulisan yang bagus.

Dasar-dasar yang dimaksud seperti pembuatan struktur 3 babak, logline, premis, dasar pemetaan cerita, karakterisasi, dan ide dasar.

2.      Mata Kuliah Film Production

Selain penulisan skenario, Anda juga akan mempelajari berbagai dasar-dasar cara memproduksi audio visual dan juga cara memproduksi film yang baik dan benar. Di sini Anda akan belajar dasar manajemen produksi juga agar proses pembuatannya berjalan sesuai dengan rencana.

Pelajaran tentang produksi juga tidak sampai di situ. Juga termasuk berhubungan dengan mengatur call sheets, breakdown script, hingga jadwal produksi.

3.      Mata Kuliah Director

Pelajaran yang bisa Anda dapatkan dari mata kuliah ini meliputi peranan sebagai seorang sutradara. Selain itu, juga pelajaran-pelajaran terkait apa saja hal yang harus dipersiapkan oleh seorang sutradara sebelum membuat sebuah film.

Pelajarannya meliputi pembuatan script breakdown, pembedahan storyboard, dan mempersiapkan breakdown karakter.

4.      Belajar Sinematografi

Di dalam industri perfilman, sinematografi atau penataan kamera meruakan hal yang sangat penting. Karena, dengan penataan kamera yang bagus, film yang dihasilkan pun akan semakin menarik. Maka dari itu, pelajaran ini masuk ke dalam mata kuliah yang penting sebagai dasar pembuatan film.

Di sini Anda akan belajar dasar-dasar pemakaian kamera video, hingga membuat konsep visual dari script. Kemudian Anda juga akan belajar bagaimana melakukan eksekusi pada saat produksi berlangsung.

5.      Mata Kuliah Sound Production

Seperti yang kita ketahui, sound merupakan salah satu hal yang berperan penting sekali dalam pembuatan film. Semakin bagus sound-nya maka semakin bagus juga hasil film yang didapatkan.

Anda juga akan belajar bagaimana cara mengolah sound yang bagus untuk menghasilkan film terbaik. Di sini, Anda juga akan mempelajari tentang berbagai tipe-tipe microphone, mixer, dan masih banyak lainnya.

Rekomendasi Kuliah Perfilman Terbaik

Untuk Anda yang tertarik kuliah, kini telah hadir IDS sebagai salah satu tempat terbaik untuk belajar perfilman. Di sini, Anda akan belajar banyak hal. Mulai dari produksi, hingga proses launching berlangsung.

IDS memiliki segudang kelebihan dibandingkan dengan tempat kuliah lainnya. Nah, berikut akan kami coba paparkan apa saja kelebihan-kelebihannya kepada Anda.

IDS adalah institusi pendidikan yang memiliki tenaga pengajar andal dan profesional di bidangnya.

Banyak mata kuliah perfilman dari dasar hingga mahir yang akan Anda pelajari di sini.

Fasilitas lengkap. Artinya, Anda tidak perlu membeli peralatan pembuatan film karena sudah disediakan IDS sebagai fasilitas belajar.

Prospek kerja yang terbuka lebar. Pasalnya, lulusan IDS banyak dibutuhkan. Bahkan, tidak sedikit lulusan IDS yang sudah bekerja di bidang sesuai keahliannya.

Nah, itulah informasi mata kuliah film yang penting  untuk diperhatikan. Pasalnya, mata kuliah tersebut akan membawa Anda menjadi seorang yang ahli di bidang tersebut setelah lulus nanti. Semoga bermanfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "5 Mata Kuliah Film yang Bermanfaat Setelah Lulus Nanti"

Posting Komentar