Cara Menghindari Penyakit Gula Darah

Asupan gula berlebihan bisa menjadi sumber masalah kesehatan. Masalahnya, ia kerap menyusup dalam banyak makanan dan minuman yang beredar di pasaran. Bagaimana mengaturnya?

Banyak orang sepakat bahwa gula dapat meningkatkan energi dengan efektif. Itu fakta. Tetapi, fakta lainnya adalah, di sisi lain semakin banyak orang menjadi ketergantungan gula. Dampak jangka panjangnya adalah munculnya berbagai penyakit seperti diabetes atau juga obesitas. Lantas apa yang bisa dilakukan untuk menguranginya?

Seorang trainer asal Australia, Andrew May, yang memiliki ketergantungan terhadap gula kini telah ‘sembuh’. Ia menggunakan lima cara untuk mengontrol asupan gula, seperti berikut ini.

#1 Hindari produk-produk ‘low-fat’. Sebaliknya, pilih full fat yoghurt, susu dan keju. Banyak produsen menambahkan gula pada produk ‘low-fat’ mereka untuk membuatnya terasa lebih enak.

#2 Makanlah buah utuh. Jika memungkinkan, hindari buah kering atau jus buah, terutama yang merupakan produk massal. Anda tak pernah tahu seberapa banyak gula yang ada di sana.

#3 Belilah makanan kemasan dengan bahan tambahan paling minim. Baca label makanan dan pastikan Anda tahu apa saja yang ada di sana. Semakin sedikit, semakin baik. Tambahkan sesuai selera di rumah Anda sendiri.

#4 Hindari saus. Tahukah Anda, bahwa ada banyak gula dalam saus tomat dan saus barbekyu? Jumlahnya sekitar 33 gram atau delapan sendok teh per 100 gram saus barbekyu. Belum lagi kalau Anda membeli saus topping coklat.

#5 Belajarlah memasak. Ketika Anda memasak makanan sendiri, Anda punya kontrol penuh terhadap apa yang masuk di dalamnya, termasuk gula.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Menghindari Penyakit Gula Darah"

Posting Komentar