Cara Menghitung Kalori Tubuh

Terlalu banyak kalori tersimpan dalam tubuh bisa mengakibatkan kegemukan. Terlalu sedikit juga tidak baik bagi kesehatan.


Anda harus mengetahui berapa kebutuhan seimbang kalori Anda. Dalam ilmu medis, dikenal istilah kebutuhan kalori basal (KKB), yaitu jumlah rata-rata kalori yang dibutuhkan oleh tubuh. “Masing-masing kebutuhan kalori basal setiap orang berbeda-beda karena dipengaruhi faktor berat dan tinggi badan,” jelas Dr. Inge Permadhi, MS, SpGk, spesialis gizi klinik dari Universitas Indonesia.

Untuk menemukan kebutuhan kalori basal, banyak sekali rumus yang digunakan. Namun yang paling sederhana adalah dengan menghitung dari berat badan dan tinggi badan. Pertama, cari tahu berat badan ideal (BBI) Anda, dengan perhitungan: tinggi badan – 100. Lantas untuk menemukan KKB, gunakan rumus berikut ini.

Untuk pria: KKB = BBI x 30kkal
Untuk wanita: KKB = BBI x 25kkal

Contoh:
Seorang pria dengan tinggi badan 175cm, maka BBI-nya adalah 75kg (175-100). KKB pria tersebut adalah 2.250 kkal (75 x 30kkal).

Ketika pria tersebut bersepeda selama dua jam, maka kalori tubuh yang dikeluarkan mencapai 1.500kkal. Artinya, cadangan kalori yang masih tersimpan di dalam tubuhnya hanya 750kkal. Nah, coba hitung kebutuhan kalori basal Anda sendiri. Tidak sulit, bukan?

Postingan terkait: