Minuman Sehat Setelah Berolahraga

Apa minuman terbaik setelah berolahraga? Air, tentu saja! Dan juga susu, yang sama baiknya dalam menangkal dehidrasi – plus, ia juga meningkatkan sintesis protein otot setelah latihan kekuatan dan ketahanan. Demikian menurut riset yang dipublikasikan di Journal of the International Society of Sports Nutrition.

Inilah tiga jenis minuman lain yang rupanya juga baik Anda konsumsi setelah berolahraga:

Jus semangka membantu meringankan sakit otot setelah latihan. Riset yang dipublikasikan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry mengungkapkan, L-citrulline (semangka kaya kandungan asam amino) membantu mengurangi detak jantung saat pemulihan dan nyeri otot. Anda bisa mengonsumsi jus semangka dalam kemasan yang dijual di supermarket, tetapi pastikan minuman itu bukan sekadar mempunyai rasa dan aroma semangka dengan banyak kandungan gula tambahan. Lebih baik, buat sendiri jus semangka dengan blender, lantas saring ampasnya.

Jus tomat kaya akan likopen – antioksidan alami yang melindungi kesehatan jantung dan pembuluh darah, serta membantu mengurangi kerusakan otot akibat latihan olahraga. Tambahkan air, jika Anda merasa jus buatan Anda terlalu kental.

Jus ceri bisa mengurangi sakit dan kerusakan otot akibat latihan olahraga. Begitu menurut studi yang dipublikasikan dalam British Journal of sports Medicine. Seperti halnya jus semangka dalam kemasan, cari merek yang tidak mengandung gula tambahan berlebihan, atau pilih nektar ceri, lantas larutkan dengan air sesuai keinginan Anda.

Yang perlu diingat, pastikan Anda mengonsumsi minuman-minuman di atas sebelum dan selama berolahraga. Satu lagi, Anda juga bisa meneteskan minyak peppermint ke air minum. Penelitian yang dipublikasikan di Journal of the International Society of Sports Nutrition menemukan, konsumsi minyak esensial itu selama 10 hari dapat berefek positif bagi tekanan darah, performa latihan dan kemampuan pernapasan selama berolahraga.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Minuman Sehat Setelah Berolahraga"

Posting Komentar