Beberapa Cara Bonding Dengan Buah Hati



Ibu dan anak adalah belahan jiwa yang tidak terlepaskan, ada baiknya ibu terus memberikan rangsangan kasih sayang yang besar kepada anak. salah satunya dengan bonding, mungkin Anda penasaran dengan istilah tersebut. Ini merupakan cara menimbulkan kasih sayang, kehangatan serta rasa Bahagia, aman serta saling mencintai antara ibu dengan bayi. 

Lantas bagaimana cara untuk bonding ibu dan bayi? bagi ibu yang kini masih pertama kali tentu saja bingung ya? Nah kali ini kita akan memberikan inspirasi buat ibu yang masih baru.

Berikut Beberapa Cara bonding Dengan Buah Hati :


Ajak Berinteraksi Sejak di dalam Kandungan

Pertama yaitu yang bisa ibu lakukan sejak dini dengan cara semenjak bayi masih berada di dalam kandungan. Pada masa ini janin sudah bisa menendang atau melakukan gerakan di dalam perut ibu. Nah, Anda bisa mengajak mereka berkomunikasi supaya bayi yang terdapat di dalam kandungan bisa cepat merespon suara ibu. Kemudian ibu juga dapat menyanyikan lagu atau membacakan cerita untuknya. 

Menyusui

Berikutnya cata untuk melakukan bonding antara ibu dan bayi, bisa dengan melalui proses menyusui. Menyusui tersebut tidak hanya semata-mata untuk memberikan ASI, namun juga membentuk ikatan sayang antara ibu dan bayi. Biasanya ibu yang menyusui langsung akan lebih sensitif kepada isyarat bayinya kalau dibandingkan dengan ibu yang memakai botol. Biasanya Ibu yang menyusui juga akan lebih cenderung sering menyentuh, kemudian membelai serta  menatap bayinya lebih lama, sehingga ini secara signifikan akan dapat mempengaruhi proses bonding. 

Tidur di Dekat bayi

Selanjutnya yaitu Anda bisa tidur di dekat bayi untuk meningkatkan bonding, dalam hal ini Ibu bisa meletakkan tempat tidur bayi berada di dekat tempat tidur yang ibu pakai. Ini pastinya akan membuat bayi bisa merasa aman karena ada di dalam jangkauan ibu. Akan tetapi, ibu tidak disarankan tidur satu ranjang dengan Si Kecil, Ini bisa membuat risiko kematian mendadak pada bayi. 

Kontak Kulit

Mengenai kontak kulit tentunya adalah hal yang sederhana, ada baiknya ibu melakukan kontak kulit dengan si kecil dengan intensitas yang sering. Ini caranya cukup mudah, yaitu dengan ibu  meletakkan bayi di atas perut serta di dada ibu pada menyusui. Kemudian Anda juga bisa menyentuh bayi dengan lembut pada saat menggendongnya, sehingga membuat bayi lebih nyaman.

Itulah cara bonding dengan buah hati yang bisa jadi referensi buat para ibu atau yang mau menjadi ibu. Jika Anda ingin informasi lebih lengkap, maka bisa mengunjungi blackmores. 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Beberapa Cara Bonding Dengan Buah Hati"

Posting Komentar