Cara mengatasi permasalahan pada genset

Genset Anda Ngadat Coba Periksa! Jalur bahan bakar tersumbat, bisa membuat genset tidak bisa dinyalakan pada semestinya. Bagaimana bisa? Suplai bahan bakar yang berjalan tersalur ke mesin tidak berjalan normal ..

Endapan seperti: partikel halus di dalam solar dan karat yang ada di tangki dapat terbawa solar ke dalam sistem injeksi mesin bensin. Jalur bahan bakar solar memang dijaga oleh pemisah air untuk memfilter udara dan filter primer untuk memfilter partikel halus. 

Bagian ini juga sangat berbahaya karena dapat menimbulkan overspeed, sama seperti karat akibat air di poin nomor 3 di atas.

Bagaimana cara menanggulanginya?

  • Pindahkan dulu bahan bakar yang ada di dalam tangki ke wadah lain. Kemudian bersihkan tangki dari endapan dan karat tersebut. Jemur dan tunggu sampai kering.

  • Lalu, sambungkan lagi jalur bahan bakarnya Pemisah air cek keadaan dan filter primer secara berkala. Genset yang jarang dipakai / dipanasi, pasti akan susah dinyalakan saat pertama kali coba di coba. Mengapa Sama seperti manusia. Jika orang tersebut jarang melakukan kegiatan, maka pasti akan berat untuk melakukan percobaan pertama.

Saat genset lama tidak digunakan, oli pelumas yang melumasi mesin akan kembali ke bawah (tangki oli) karena gaya pembaruan. Masalah masuk angin dapat terjadi karena 2 hal.



  • Pengisian bahan bakar terlambat, sampai habis sama sekali. Pompa injeksi akhirnya menyedot udara. Saat solar dipenuhi kembali, udara masih ada di saluran bahan bakar. Hal ini yang membuat mesin sulit menyala.

  • Komponen sistem bahan bakar seperti: selang, filter solar, atau injector ada yang bocor atau dibuang. Jika ada salah satu dari komponen tadi yang bocor atau rusak, maka bisa masuk ke sistem pembakaran melalui celah tadi.

Cara merawat masuk angin di mesin diesel tidak terlalu sulit. Ada beberapa langkah untuk mengatasinya yaitu :.

  • Pastikan tangki terisi surya hingga penuh.

  • Cek saluran bahan bakar (selang, filter, solar, dan injector) tidak ada yang dilepas atau bocor.

  • Keluarkan angin dari saluran bahan bakar, dengan cara mengendorkan baut nepel angin - angin (baut serikat). Setelah kendor, pompa dengan tangan sampai solar yang keluar tadi bersih dan tidak berbuih (berbuih = tanda ada udara). Lalu kencangkan kembali baut nepel angin - anginnya (baut serikat).

  • Coba nyalakan mesin genset dan mesin diesel Anda akan mudah dihidupkan seperti biasa.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk " Cara mengatasi permasalahan pada genset "

Posting Komentar