Alasan masuk UI, International University Terbaik di Indonesia



Sebelum memutuskan untuk melanjutkan pendidikan tinggi di suatu universitas, tentu Anda perlu memiliki alasan mengapa memilih kampus tersebut. Contohnya jika Anda melanjutkan pendidikan di salah satu International University yaitu Universitas Indonesia, maka banyaknya keunggulan yang dimiliki universitas tersebut dapat dijadikan alasan mengapa Anda memilih menimba ilmu di sana.


Mengenal Universitas Indonesia

Universitas Indonesia atau yang banyak dikenal juga dengan sebutan UI adalah salah satu perguruan tinggi negeri terbaik yang bertaraf internasional di Indonesia. Kampus utama UI sendiri berlokasi di Depok, Jawa Barat. Selain kampus utama yang terletak di Depok, UI juga memiliki beberapa kampus lainnya yang berada di beberapa tempat seperti Salemba, Jakarta pusat. 



Universitas Indonesia sendiri sudah berdiri sejak lama, bahkan jauh sebelum Indonesia merdeka tepatnya pada tahun 1849 yang pada masa itu masih berada di bawah tangan Belanda. Kemudian universitas ini secara resmi memiliki nama Universitas Indonesia pada medio tahun 1955. UI sendiri identik dengan warna kuning. Bahkan, mahasiswa UI juga memiliki sebutan khusus yakni mahasiswa kampus kuning karena memang almamater yang dimiliki kampus ini berwarna kuning.


Alasan Masuk Universitas Indonesia

Ada beberapa alasan mengapa UI banyak dipilih sebagai tempat untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Diantaranya yaitu:


  1. Salah satu universitas terbaik di Indonesia

Universitas Indonesia memang dikenal sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia. Bahkan, UI selalu menempati posisi tertinggi pada ranking berdasarkan QS World University Ranking


Penilaian tersebut terdiri atas 6 indikator, diantaranya yaitu; reputasi akademik sebesar 40%, reputasi lulusan 10%, rasio fakultas dan mahasiswa 20%, kutipan jurnal ilmiah sebesar 20%, berdasarkan fakultas internasional sebesar 5% dan jumlah mahasiswa internasional sebesar 5%. 


Karena kampus ini sudah diselenggarakan sejak lama, hal itu membuat UI memiliki sistem pendidikan yang baik dan menjadikannya sebagai kampus negeri terbaik yang ada di Indonesia. 


  1. Jaringan luas dan kuat

UI memiliki jaringan yang sangat luas dan kuat karena memiliki alumni terbaik dan menjadi tokoh penting di Indonesia. Keberadaan alumni ini dapat membantu Anda setelah lulus, baik dalam mencari pekerjaan maupun sebagai relasi yang dapat memberikan manfaat yang baik.


Tak hanya itu, para alumni UI juga tersebar luas di beberapa perusahaan besar dari berbagai sektor. 


  1. Lingkungan kampus yang nyaman

Area kampus UI sangat nyaman mulai dengan nuansa alam yang rindang serta tersedia banyak ruang terbuka hijau. Fasilitas belajar yang dimiliki juga mumpuni sehingga dapat melahirkan kenyamanan dalam belajar atau melakukan kegiatan lainnya


Dengan begitu, tidak heran jika Universitas Indonesia selalu melahirkan lulusan-lulusan terbaik dan berprestasi.


  1. Fasilitas yang Lengkap

Dengan lengkapnya fasilitas yang dimiliki, hal tersebut dapat menunjang kegiatan mahasiswa dengan baik dibidang akademik maupun non akademik. Berbagai fasilitas tersebut diantaranya ruang belajar mumpuni, ruang praktikum dan ruang perpustakaan.


Selain itu fasilitas untuk menunjang kegiatan non akademik pun lengkap, ada fasilitas olahraga, fasilitas ibadah hingga asrama yang dapat ditinggali oleh para mahasiswa tingkat satu.


Demikianlah informasi mengenai beberapa alasan untuk melanjutkan pendidikan dengan berkuliah di International University Universitas Indonesia. Selain kelebihan-kelebihan yang sudah disebutkan diatas, UI juga menawarkan program beasiswa bagi para mahasiswanya yang memiliki prestasi.


Jadi, bagi Anda yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi dengan berbagai jurusan, maka segeralah daftarkan diri Anda di Universitas Indonesia, kampus terbaik di tanah air.  

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Alasan masuk UI, International University Terbaik di Indonesia"

Posting Komentar