Berapa Harga Kalung Berlian Berkualitas?

Perhiasan emas dan berlian adalah sebuah hadiah sekaligus investasi yang terbaik. Keduanya adalah bahan yang dihargai tinggi di alam dan tidak dapat diproduksi secara buatan. Untuk Anda yang ingin membeli kalung berlian berkualitas, mungkin Anda penasaran dengan berapa harga kalung berlian?

Perlu diingat bahwa kalung berlian harganya variatif. Terdapat beberapa hal yang mempengaruhi hal tersebut. Pertama, bahan-bahan pembuatnya. Harga kalung berlian berkualitas dengan tali emas tentu adalah yang paling mahal. Kedua, berat carat pada berlian dan kadar karat pada emas. Ketiga, model dari kalung itu. Keempat, potongan, kejernihan, dan warna dari berlian.

Jika Anda ingin tahu perkiraan harga saat membeli kalung emas berlian maka lihatlah beberapa poin di bawah ini.

Mengetahui Harga Emas

Harga emas di pasaran selalu berubah, tetapi secara umum harganya akan selalu naik.

Pasalnya, emas tidak terkena inflasi layaknya uang tunai.

Selain itu, emas bukanlah sesuatu yang bisa diproduksi oleh manusia. Harga emas di pasaran beberapa waktu belakangan ini adalah sekitar Rp960.000,00-Rp990.000,00 per gram. Itu merupakan harga untuk emas murni. Pada perhiasan, sangat jarang digunakan emas murni karena ia terlalu lembek. Pada akhirnya, emas akan dicampur dengan material lain seperti misalnya perak dan palladium.

Jika begitu, Anda bisa menghitung kombinasi harga perak, palladium dan juga kadar emas yang ada di dalamnya.

Walaupun sudah dicampur dengan bahan lain, tetapi bukan berarti perhiasan emas tidak dapat dijual kembali. Harganya justru tetap naik layaknya emas selaku logam mulia.

Harga Berlian

Berlian harganya lebih mahal daripada emas. 1 karat dengan kejernihan IF (paling jernih) dan warna D (paling bening) adalah sekitar Rp312 juta. Pada tingkat terkeruh dan paling berwarna, harganya Rp 70 juta. Berbeda dengan emas di mana karat merujuk pada kadar, karat pada berlian artinya adalah gram. 1 karat biasanya adalah 0,02 gram.

Pada kalung berlian karetnya bervariasi kebanyakan karatnya adalah sekitar 0,5-0,8 karat.   Kalung berlian dengan jumlah karet mencapai 1 biasanya adalah kalung yang cukup langka dengan harga yang sangat mahal.

Potongan dan Pembuatan

Sebelum masuk pada harga potongan dan pembuatan, perlu diperhatikan bahwa pada berlian yang memengaruhi harganya adalah 4 C: cut, clarity, carat, dan color.

Anda sudah mengetahui tentang clarity, carat, dan color. Bagaimana dengan cut atau potongan? Ini yang akan kita bahas.

Potongan pada berlian sangat memengaruhi harga dan sebuah berlian sebuah kalung berlian yang premium biasanya akan memiliki mata dengan potongan yang sangat serasi.

Proses pemotongan berlian tidak asal-asalan karena berlian bahkan tidak bisa dipotong dengan pisau biasa. Berlian hanya bisa ditatah dengan teknologi khusus, tenaga ahli, proses yang rumit, dan dengan material berlian lainnya.

Itulah yang membuat berlian menjadi berkilau, unik, dan juga memiliki potongan yang presisi. 

Harga potongan ini tidak bisa dipukul rata karena berbeda-beda. Namun yang anda lihat di pasaran biasanya adalah harga berlian emas sekaligus kombinasi dari jasa pembuatan harga perhiasan berlian tersebut.

Anda sudah mengetahui mengenai tiga elemen yang mempengaruhi harga kalung emas berlian. Jika anda melihat pada situs The Palace Jeweler, Anda melihat akan melihat bahwa harganya variatif tergantung pada berat berlian, kadar emas, dan tentu saja jenis potongannya.

Setiap kalung berlian berkualitas memiliki bentuk yang berbeda-beda dengan mata yang berbeda-beda pula.

Jadi, pilihlah yang sesuai dengan keinginan anda dan juga sesuai dengan bujet anda untuk hadiah pada diri sendiri dan juga pada orang lain.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Berapa Harga Kalung Berlian Berkualitas?"

Posting Komentar