5 Manfaat Kalsium untuk Perkembangan Anak

 

Kalsium adalah salah satu jenis mineral yang dikenal mampu membantu memaksimalkan pertumbuhan tinggi badan. Anak-anak membutuhkan kalsium dengan jumlah yang berbeda-beda, sesuai dengan tahapan usianya. Biasanya kalsium terkandung dalam produk susu, ikan, telur, dan kacang-kacangan. Lebih lengkapnya, berikut ini berbagai manfaat kalsium untuk perkembangan anak:

Mengoptimalkan Tinggi Badan

Pertumbuhan tinggi badan pada masa anak-anak berjalan dengan signifikan. Mereka bahkan bisa bertambah tinggi sebanyak 5 hingga 6 centimeters per tahun. Kalsium bisa mengoptimalkan pertumbuhan tinggi badan anak tersebut. Namun harus dibarengi dengan olahraga, makanan bergizi, dan istirahat.

Meningkatkan Kepadatan Tulang

Tulang manusia mengandung kalsium hingga disebut sebagai bank kalsium. Jika tubuh tidak mendapatkan asupan kalsium yang cukup, maka tubuh akan menariknya dari tulang. Jika terjadi secara terus menerus, maka tulang akan mudah keropos, rapuh, dan patah. Pada masa tua Si Kecil lebih berisiko mengalami osteoporosis.


Meningkatkan Kecerdasan

Manfaat kalsium untuk perkembangan anak selanjutnya berhubungan dengan kecerdasan. Pasalnya nutrisi ini juga memiliki peran dalam perkembangan sistem saraf. Pemenuhan kalsium bisa membuat sistem saraf sehat sehingga anak mudah menerima informasi.

Menguatkan Sistem Kekebalan

Kalsium berperan dalam mengaktifkan enzim untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Anak-anak pada umumnya belum memiliki kekebalan tubuh sekuat orang dewasa. Pemenuhan kalsium bisa membantu sistem kekebalannya menjadi lebih kuat sehingga mereka tidak mudah sakit.

Menyehatkan Gigi

Selain dikenal sebagai nutrisi yang menyehatkan tulang, kalsium juga dikenal sebagai nutrisi yang menyehatkan gigi. Pasalnya kalsium terkandung di dalam gigi untuk membentuk jaringan gigi seperti dentin, enamel, dan sementum gigi. Jika tidak mendapatkan asupannya, maka pembentukan jaringan tersebut akan terganggu.

Itulah beberapa manfaat kalsium untuk pertumbuhan dan juga perkembangan anak. Salah satu sumber kalsium yang baik untuk Si Kecil adalah susu. Nestle Dancow bisa dijadikan pilihan jika Anda mencari susu pertumbuhan untuk anak usia 1 tahun ke atas. Varian tahapan usianya yaitu Nestle Dancow 1+ Nutritods untuk usia 1-3 tahun, Nestle Dancow 3+ Nutritods untuk usia 3-5 tahun, dan terakhir Nestle Dancow 5+ Nutritods untuk usia 5-6 tahun.



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "5 Manfaat Kalsium untuk Perkembangan Anak"

Posting Komentar