Stimulasi Otak Si Kecil dengan Permainan


Mengasah otak si Kecil bisa dilakukan sedini mungkin sehingga perkembangannya bisa berjalan dengan optimal. Pasalnya pada masa tersebut, otak si Kecil berkembang dengan pesat. Apalagi mereka biasanya memiliki rasa ingin tahu dan semangat yang tinggi sehingga bisa coba Mam manfaatkan. Salah satu cara yang bisa Mam lakukan untuk membantu mengasah otak si Kecil yaitu dengan memberikan stimulasi lewat permainan. Berikut ini adalah beberapa permainan yang bisa Mam pilih:

Bermain Pasir

Bermain pasir dengan peralatan seperti sekop, ember kecil, wadah, serta aneka bentuk membantu si Kecil untuk fokus. Aktivitas menggali dan menuangkan pasir untuk membuat bentuk istana atau bentuk lainnya dapat membantu si Kecil belajar mengenai tekstur, kepadatan, dan juga volume. Mam bisa memberikan air pada pasir agar si Kecil tahu perbedaan tekstur kering dan juga basah dari pasir.

Susun Balok

Susun balok membuat si Kecil terus mencoba dan juga mencari tahu yang terjadi jika balok disusun dengan cara berbeda. Menurut seorang konsultan edukasi, permainan ini juga menjadi dasar keterampilan berpikir secara ilmiah. Mam bisa memberikan balok dengan warna, ukuran, dan bentuk berbeda agar si Kecil bisa belajar lebih.

Scrabble

Scrabble bisa diberikan jika si Kecil sudah memasuki usia pra sekolah. Permainan ini membantu si Kecil untuk belajar mengeja, membaca, serta memperbanyak kosakata. Agar si Kecil tidak merasa berat, coba Mam buat kategori misalnya hewan atau buah.

Petak Umpet

Petak umpet memang menjadi permainan tradisional yang sederhana namun memberikan cukup banyak manfaat untuk si Kecil. Ketika bermain petak umpet, si Kecil bisa sekaligus belajar mengenai situasi, menganalisis kondisi, serta mencari arah.

Itulah berbagai permainan seru yang bisa membantu mengasah otak si Kecil. Tidak hanya kepintaran anak saja, beberapa permainan tersebut juga bisa membantu mengasah keterampilan lain, seperti motorik halus dan motorik kasar. Untuk memaksimalkan stimulasi yang diberikan, Mam perlu memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil dengan makanan dan susu.

Rekomendasi susu pertumbuhan untuk si Kecil hadir dari brand Wyeth Nutrition. Ada beberapa pilihan varian yang bisa dipilih sesuai kebutuhan si Kecil, seperti S-26 NutriSure, S-26 Procal GOLD, dan S-26 Promise GOLD. Lebih jelasnya langsung kunjungi website Wyeth Nutrition di wyethnutrition.co.id.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk " Stimulasi Otak Si Kecil dengan Permainan"

Posting Komentar