Pentingnya Memakai Kalender Kesuburan

kalender kesuburan
Masa subur pada wanita diartikan sebagai masa ovulasi alias lepasnya sel telur dari indungnya. Sel telur yang telah matang itu kemudian menuju saluran tuba falopi. Jika pada masa ini sel telur bertemu dengan sperma dan terjadi pembuahan, maka terjadilah kehamilan. Masa subur ini kemudian sering ditandai pada kalender kesuburan untuk digunakan dalam beberapa tujuan yang berkaitan dengan reproduksi.

Tujuan yang paling umum dimiliki perempuan yang memanfaatkan kalender masa subur adalah keinginan untuk hamil. Selama masa subur adalah waktu terbaik untuk peluang hamil yang lebih besar dibanding hari lain. Masa subur berlangsung cukup singkat yaitu selama 2 hari sebelum ovulasi dan lanjut 3 hari setelah ovulasi. Sehingga untuk keberhasilan kehamilan, hubungan intim harus dilakukan dalam masa itu.

Mengetahui masa subur juga berguna untuk tujuan lain, yaitu menunda kehamilan. Keputusan menunda kehamilan seringkali harus diambil jika berkaitan dengan hal-hal penting yang menyangkut kesehatan. Misalnya karena terjangkit penyakit tertentu atau ingin mengatur jarak dengan kelahiran sebelumnya. Bisa juga keputusan menunda kehamilan diambil karena alasan pekerjaan.

Dengan memiliki kalender kesuburan, pasangan bisa menghindari masa-masa tertentu untuk tidak melakukan aktivitas seksual. Cara ini dianggap sebagai cara alami dalam menghindari kehamilan dengan minim risiko dan minim efek samping. Cara alami ini sekarang lebih banyak digunakan. Sementara banyak cara lain untuk menunda kehamilan dengan risiko tinggi juga efek samping yang mungkin bisa merugikan.

Informasi mengenai masa subur juga berguna untuk mendeteksi masalah kesehatan reproduksi. Salah satunya masalah kemandulan yang menjadi penyebab sulitnya mendapatkan keturunan. Lebih lanjut, masalah kemandulan ini tidak hanya bisa dideteksi melalui kalender masa subur. Perlu dilakukan pemeriksaan secara teliti dan berkelanjutan sebelum benar-benar dinyatakan mandul.

Untuk banyak tujuan, ternyata kalender kesuburan sangat berguna. Utamanya untuk yang sedang menanti momongan, kalender masa subur bisa menjadi pedoman dalam melakukan aktivitas seksual. Bagi yang ingin mencegah kehamilan, kalender masa subur juga bisa sangat membantu. Termasuk bagi yang ingin mendeteksi penyebab sulit hamil, kalender ini bisa menjadi salah satu penyedia fakta sebelum dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pentingnya Memakai Kalender Kesuburan"

Posting Komentar