Mengetahui Masa Subur dengan Mencatat Suhu Basal Tubuh

suhu basal tubuh
Kehamilan memang sangat ditunggu oleh sebagian besar pasangan, baik oleh pasangan muda, terlebih bagi pasangan yang belum dikaruniai keturunan setelah lama menikah. Beberapa cara dapat dilakukan untuk mendapatkan keberhasilan dari program kehamilan, mulai dari cara yang alami sampai dengan melibatkan dokter spesialis. Mengetahui suhu basal tubuh adalah salah satu cara yang sering dilakukan oleh banyak pasangan selama program kehamilan untuk mengetahui kapan ovulasi atau masa subur terjadi. 

Hal ini merupakan kondisi suhu tubuh ketika bangun tidur dan masih berada pada tempat tidur dengan posisi tubuh yang belum berubah, dan belum melakukan aktivitas, seperti bergerak, berbicara dan aktivitas lainnya. Suhu Basal tubuh berfungsi untuk mengetahui waktu terjadinya ovulasi atau masa subur, dengan melihat suhu tubuh yang apabila sedang dalam masa subur akan meningkat 0,5°C dari biasanya, yaitu sekitar 35,5°C-36°C.
suhu basal tubuh
Pencatatan pada metode ini sangatlah penting, Anda perlu mencatatkan suhu tubuh Anda secara berturut-turut selama 10 hari setelah siklus menstruasi. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengenali suhu basal tubuh Anda, diantaranya sebagai berikut:

Siapkan termometer. Termometer yang digunakan adalah femometer khusus untuk mengukurnya. 
Ukur dan pencatatan. Ukur suhu Basal tubuh Anda menggunakan femometer, kemudian catat pada kertas grafik yang Anda punya.

Ukur secara berkala. Proses pengukuran dilakukan secara berkala, tidak bisa hanya dilakukan sekali. Lakukanlah selama berbulan-bulan untuk mengetahui dengan pasti grafik perubahan yang terjadi.
Evaluasi. Coba amatilah hasil dari pencatatan grafik yang Anda catat, lihatlah alur naik turunnya suhu. Carilah kapan adanya peningkatan suhu, tandai tiga hari sebelum kenaikan suhu terjadi yang kemungkinan itu merupakan masa subur Anda.

Pada pengamatan suhu basal tubuh Anda perlu menggunakan femometer khusus untuk mengeceknya, aplikasi yang berkualitas akan mempengaruhi hasil dari pengamatan, gunakan femometer yang sudah terbukti kualitas dan keakuratannya. Alat ini terbukti efektif untuk program kehamilan anda. 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengetahui Masa Subur dengan Mencatat Suhu Basal Tubuh"

Posting Komentar