Tips Mengenali Perbedaan Perhiasan Berlian Asli dan Palsu

Hasil gambar untuk perhiasan berlian asli mondial

Memiliki perhiasan berlian tentunya menjadi keinginan setiap orang, karena selain harganya yang tinggi perhiasan berlian bisa memberikan kesan yang berbeda bagi para pemakainya. Dengan semakin mahal dan indahnya berlian banyak juga orang yang memanfaatkan dengan membuat yang palsu, sehingga mengetahui perhiasan berlian asli sangat penting untuk dilakukan, terlebih bagi yang akan membelinya. 

Supaya lebih aman berikut ini ada beberapa tips untuk bisa mengenali mana berlian asli dan palsu.

Hasil gambar untuk perhiasan berlian asli mondial
  1. Melihat pantulan cahaya. Tips pertama yang dapat dilakukan untuk mengenali perhiasan berlian asli yaitu dengan melihat pantulan cahayanya (reflection test). Caranya yaitu dengan melihat lurus bayangan dari atas berlian. Jika berlian asli maka bayangan yang terlihat umumnya merupakan variasi dari warna abu-abu, akan tetapi jika sebaliknya seperti warna pelangi maka bisa dipastikan berlian tersebut kualitas rendah atau palsu.
  2. Lakukan tester. Tips yang satu ini yaitu dengan melakukan pengetesan pada sifat berlian yaitu keras. Jika berlian palsu saat mengalami benturan kecil saja bisa terjadi retakan bahkan terbelah. Untuk melakukannya bisa dengan menggunakan alat automatic diamond tester yang tersedia di pasaran.
  3. Apakah berlian tersebut tembus pandang. Untuk cara ini dapat dilakukan seperti dengan meletakan berlian diatas koran yang banyak tulisan. Pastikan terlebih dahulu untuk pencahayaannya bagus dan bagian datar berlian berada di bawah. Setelh itu perhatikan apakah anda bisa melihat tulisan yang tertutup berlian, jika iya maka bisa dipastikan berlian tersebut palsu, karena untuk berlian asli memiliki sifat membiaskan cahaya ke segala arah.
  4. Melakukan uji berlian dari panas. Melakukan uji ketahanan panas dapat dilakukan dengan memanaskan batu perbulan selama 30 detik menggunakan korek. Setelah itu masukan berlian dalam segelas air dingin, jika batu berlian palsu maka akan terjadi retakan pada berlian, jika tidak bisa dipastikan itu berlian asli.
  5. Apakah berlian tenggelam atau tidak. Untuk berlian asli saat dimasukan dalam air akan tenggelam sedangkan yang palsu biasanya mengambang atau berada di tengah-tengah. 

Untuk lebih meyakinkan anda, maka mendapatkan perhiasan berlian dari Mondial bisa menjadi solusi tepat untuk menenangkan membeli berlian berkualitas dan asli.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Mengenali Perbedaan Perhiasan Berlian Asli dan Palsu"

Posting Komentar