Permainan Anak Sederhana: Origami

Bermain adalah salah satu aktivitas yang menyenangkan. Sudah banyak pula permainan yang lazim dimainkan anak-anak dari dulu sampai sekarang. Jenisnya pun bermacam-macam dari permainan yang tanpa menggunakan alat hingga permainan yang yang kekinian dengan menggunakan gadget. 

Selain aktivitas yang menyenangkan, bermain juga bermanfaat sebagai sarana belajar anak. Salah satu permainan anak sederhana yang bisa mengembangkan potensi belajarnya adalah origami.

Permainan origami berasal dari jepang, yang berarti lipatan dan kertas. Menurut beberapa penelitian, origami sederhana yang digunakan dalam permainan anak memiliki berbagai manfaat untuk tumbuh kembangnya, antara lain:

  • Belajar origami membuat si kecil belajar untuk menerima arahan dan melihat contoh yang diberikan. Dengan demikian bisa melatih motorik halus pada anak. Mengkoordinasikan mata dan gerakan tangan mengikuti arahan.
  • Peneliti mengungkapkan bahwa ketika bermain melipat dan melihat arahan, otak anak bagian bahasa menjadi terstimulasi.
  • Melatih kemandirian si kecil dengan membiarkannya membuat mainan sendiri. Apabila ia telah berhasil membuat satu bentuk origami akan menciptakan kepuasan bagi sikecil jika dibandingkan dengan mainan yang beli.
  • Melatih ketekunan dan mental pantang menyerah. Untuk anak yang masih awal bermain origami, akan sangat membingungkan. Tapi dengan arahan dan ketekunan ia kan bisa membuat bentuk sesuai yang dicontohkan.
  • Melalui origami, anak akan belajar matematika sederhana. Berupa istilah-istilah dasar yang sederhana seperti garis, titik, sisi, bujursangkar, persegi panjang, segi tiga, segi lima, dan sebagainya.
  • Kreativitas anak semakin terasah dengan berbagai bentuk origami yang dihasilkan. Ia akan semakin termotivasi untuk membuat berbagai bentuk menggunakan kertas, serta mengeksplorasi kemampuan berimajinasi.

Dengan banyaknya manfaat permainan anak sederhana origami, tentu Anda ingin mengajak si kecil bermain bukan? Cobalah mengajak si kecil untuk membuat origami sederhana seperti pesawat atau kapal. Tuntunlah ia selangkah demi selangkah untuk membuatnya. Berikan contoh, kemudian biarkan si kecil membuat lipatannya sendiri. 

Bantulah jika ia mengalami kesulitan, serta selalu berikan apresiasi positif jika ia telah berhasil melakukan sesuai contoh. Anda akan menemukan bahwa anak Anda menjadi lebih bersemangat main origami dibandingkan permainan lain jika Anda mendampinginya. Selain itu waktu yang Anda gunakan bermain dengan si kecil akan mendekatkan hubungan diantara kalian. Setelah pesawat jadi ajaklah dia menerbangkannya.

Selamat mencoba!

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Permainan Anak Sederhana: Origami"

Posting Komentar