Seni Batik Di Indonesia

Seni Batik Di Indonesia
Batik merupakan seni keterampilan di Indonesia yang telah ada sejak zaman dahulu hingga saat ini. Memiliki seni batik merupakan kebanggaan tersendiri bagi rakyat Indonesia karena hal ini merupakan kekayaan negara kita yang tidak dimiliki oleh negara lain.

Seni batik sendiri merupakan cara membuat corak atau motif tertentu pada bidang kain dengan menggunakan canting (alat yang khusus untuk membuat batik) dan dilakukan melalui metode tutup dan celup dengan malam atau lilin serta pewarna pakaian. Seni pembuatan batik di Indonesia merupakan budaya yang berkembang sejak ratusan tahun lalu dan dapat dibuktikan dengan adanya relief pad bangunan candi sebagai peninggalan pada zaman kerajaan dahulu kala.

Di zaman kerajaan terdahulu yang ada di Indonesia, seni batik hanya dikenal oleh mereka yang berasal dari kaum bangsawan dan hanya keluarga kerajaan yang mengenakan pakaian batik dengan motif dan corak tertentu. Namun, setelah merambah ke masyarakat luas, seni batik mulai dibuat dan boleh dipakai oleh para rakyat biasa hanya dengan motif dan corak batik selain yang digunakan oleh pihak bangsawan dan kerajaan.

Hingga saat ini, seni batik masih digunakan di Indonesia termasuk di bidang fashion yang mempunyai keunikan tersendiri dimata para warga negara asing yang berkunjung ke Indonesia. Keindahan seni batik yang hanya ada di negara kita ini membuat mereka terpesona karena cantiknya hasil karya yang berbeda dari seni batik ini.

Beragam busana yang dibalut dengan motif dan corak batik merupakan hasil karya seni batik tulis yang dibuat oleh tangan-tangan kreatif dan seni batik cap yang merupakan perkembangan dari seni batik tulis. Namun, dengan semakin berkembangnya tren fashion dan teknologi yang semakin canggih di Indonesia, maka saat ini terdapat berbagai model busana yang terbuat dari batik print.

Batik print adalah batik yang dibuat dengan cara dicetak menggunakan mesin cetak yang canggih dan modern serta mampu menghasilkan pakaian corak atau motif batik bermacam-macam dengan jumlah banyak dan dalam waktu yang cukup cepat. Dengan adanya batik print di Indonesia ini menunjukkan bahwa dunia fashion di negara kita semakin berkembang dan minat masyarakat terhadap fashion batikpun semakin meningkat.

Namun, seni batik tulis dalam dunia fashion di Indonesia baisanya dijual dengan harga pasar yang lebih mahal, karena seni batik tulis ini masih memiliki nilai seni yang tinggi dan harus kita pertahankan hingga akhir masa.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Seni Batik Di Indonesia"

Posting Komentar