Universities in Indonesia Purwokerto


Universities in Indonesia Purwokerto
Salah satu perguruan tinggi negeri di Indonesia yang memiliki popularitas serta kualitas bagus adalah Universitas Jenderal Soedirman di Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah. Universities in Indonesia yang satu ini berdiri pada 23 September 1963. Nama Jenderal Soedirman diambil dari Panglima Besar Jenderal Soedirman, salah satu Pahlawan Nasional Republik Indonesia yang lahir di Banyumas.

Universitas ini sekaligus menjadi monumen hidup guna mengenang jasa-jasa beliau pada nusa, bangsa serta negara. Kampus memiliki luas kira-kira delapan ratus ribu meter persegi dan udaranya relatif sejuk serta dingin. Ini karena kampus Unsoed, demikian perguruan tinggi negeri ini biasa disingkat, terletak di kaki gunung Slamet tepatnya di sebelah utara dari kota Purwokerto.


Pada awal berdirinya, Universitas Jenderal Soedirman hanya memiliki tiga fakultas yaitu Fakultas Biologi, Fakultas Pertanian serta Fakultas Ekonomi. Seiring perkembangannya, kini terdapat dua belas fakultas di Universitas Jenderal Soedirman serta lebih dari lima puluh program studi, mulai dari program studi diploma, sarjana, pasca sarjana hingga doktoral. 

Universitas Jenderal Soedirman juga masuk ke dalam salah satu dari sepuluh besar perguruan tinggi negeri terfavorit di Indonesia. Hal ini ditunjukkan dari tingkat kompetensi dalam seleksi masuk Unsoed. Ke depannya, Universitas Jenderal Soedirman akan terus mengepakkan sayap guna melakukan pengembangan agar dapat meraih cita-cita sebagai World Class Civic University.


Sejarah berdirinya Universitas Jenderal Soedirman sendiri tak lepas dari peran masyarakat Banyumas sendiri yang menyadari akan kebutuhan pendidikan tinggi. Para pemimpin di Banyumas kemudian menggagas perlunya perguruan tinggi atau universitas di wilayah Kabupaten Banyumas. 

Dari sini dibentuklah sebuah yayasan guna mendirikan perguruan tinggi tersebut. Berdasar Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 195 tanggal 23 September 1963, maka Universitas Jenderal Soedirman secara resmi didirikan. Unsoed memiliki komitmen sebagai perguruan tinggi negeri yang memiliki orientasi pada pengembangan sumber daya pedesaan serta menggali dan memanfaatkan kearifan lokal.

Salah satu universities in Indonesia ini juga telah, sedang serta terus mengembangkan kemitraan strategis bersama sesama perguruan tinggi, pebisnis, masyarakat hingga pemerintah pusat dan juga daerah.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Universities in Indonesia Purwokerto"

Posting Komentar