Memanfaatkan Tanaman Herbal

Tanaman herbal sejak dahulu sudah dikenal sebagai obat alternatif yang digunakan sebagai bahan baku pengobatan, mulai dari bunga, daun, biji, batang sampai akarnya dapat kita manfaatkan. Namun pengetahuan tentang obat-obatan herbal saat ini sudah tidak banyak lagi dilirik oleh kebanyakan orang, jika salah seorang sakit.

Maka sebagai pengobatan alternatifnya adalah diperiksa ke dokter dan menkonsumsi obat-obatan kimia, namun jika kita selalu tergantung dengan obat-obatan kimia justru tidak baik juga bagi kesehatan, karena ada efek kecanduan, ketika badan terasa sakit dan pasti obatnya harus dari dokter, namun tidak ada salahnya kita memanfaatkan obat-obatan herbal yang ada di sekitar kita untuk dijadikan obat bagi kesehatan.

Banyak sekali manfaat obat herbal bagi tubuh kita, selain sebagai penawar racun, juga obat herbal bisa dijadikan sebagai terapi kesehatan, apalagi di Indonesia banyak sekali tanaman-tanaman herbal yang dapat dijadikan obat. Ada beberapa macam tanaman herbal yang dapat dimanfaatkan oleh kita semua, salahsatunya yang sering kita temukan adalah bumbu dapur, yaitu seperti kunyit, jahe, bawang putih, jeruk nipis, madu dan sebaganya. Bahan tersebut adalah sebagian dari banyak bahan obat herbal yang dapat kita temukan sehari-hari.

Contohnya adalah ketika anda memiliki masalah ganguan perut mual atau kembung, bisa memanfaatkan jahe sebagai obat herbal, caranya dengan membuat air jahe hangat, manfaatnya adalah untuk menghangatkan lambung dan perut saat mual atau masuk angina. Selain itu juga ada madu, khasiat madu dipercaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit, selain penyakit luar, madu juga dapat digunakan sebagai obat penyakit dalam.

Jika Anda tidak mau ribet harus membuat racikan sendiri, biasanya ada penjual jamu gendong yang sering lewat depan rumah kita, jamu tersebut dapat kita manfaatkan sebagai obat herbal alami yang berkhasiat sangat bagus, karena selain praktis Anda juga dapat memilih sesuai kebutuhan.

Manfaat obat herbal harus kita ketahui, terutama kepada anak-anak agar lebih mencintai tanaman-tanaman di sekitar kita yang sangat bermanfaat dan banyak khasiatnya jika diolah dengan baik dan benar. Saat ini banyak perusahaan-perusahaan yang menjual obat-obatan herbal yang dijual secara online atau di toko-toko.

Karena mereka percaya bahwa obat herbal dipercaya sangat mujarab mengobati berbagai macam penyakit. Jadi, mulai sekarang tanamlah obat-obatan herbal untuk dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Memanfaatkan Tanaman Herbal"

Posting Komentar