Makanan Sehat Bergizi untuk Masa Pemulihan Setelah Sakit


Makanan Sehat Bergizi untuk Masa Pemulihan Setelah Sakit
Masa penyembuhan dari sakit adalah masa yang tak terlalu menyenangkan. Anda belum bisa bebas beraktivitas, dan badan masih terasa lemas, apalagi kalau penyakit Anda cukup berat. Namun hal ini tak bisa dihindari. Untuk mempercepat masa inilah, Anda akan membutuhkan makanan sehat yang bisa membantu Anda untuk segera cepat kembali beraktivitas seperti biasa.

Berikut ini adalah makanan yang sehat yang harus Anda konsumsi di dalam masa pemulihan dari sakit:

1. Protein
Protein, terutama protein nabati, sangatlah penting untuk pembentukan antibodi dan regenerasi sel, yang sangat diperlukan bagi orang yang baru sembuh. Kacang-kacangan, daging sapi, dan ikan bisa menjadi sumber protein yang bagus.

2. Karbohidrat
Untuk mengembalikan tenaga yang hilang, Anda akan membutuhkan karbohidrat, terutama karbohidrat kompleks yang berasal dari gandum, buah, dan juga sayur.

3. Magnesium
Magnesium sangatlah penting untuk metabolisme tubuh, yang sebagai efeknya, menjaga imunitas tubuh. Tambahkan asupan magnesium dengan makanan seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, serta biji-bijian.

4. Lemak sehat
Agar organ-organ tubuh bisa bekerja maksimal dan menyerap vitamin dengan sempurna, Anda akan membutuhkan lemak sehat, terutama dari ikan, sayur, dan juga sayur.

5. Probiotik
Bakteri probiotik dapat membantu memperkuat sistem imunitas tubuh, dan bisa membuat makanan dicerna lebih baik. Anda bisa menemukannya di apel, kacang-kacangan, dan juga biji-bijian.

Selain makanan yang mengandung zat-zat di atas, Anda juga bisa membantu masa pemulihan dengan mengkonsumsi ini:

• Air
Air putih biasa bisa membantu dalam mengembalikan cairan yang hilang saat sakit. Selain itu, air juga membantu membuang racun dari obat dan penyakit yang masih ada di tubuh.

• Bawang putih
Jarang ada makanan lain selain bawang putih yang lebih ampuh sebagai antibiotik alami, membuat Anda bisa menjaga sistem imunitas tubuh.

Kombinasikan semua makanan sehat di atas, dan Anda akan pulih dalam waktu yang relatif cepat, dan bisa bekerja atau sekolah kembali seperti biasa. Selain itu, mulailah berolahraga ringan untuk mengembalikan fungsi tubuh kembali dan membuat Anda segar jasmani dan rohani. Pikiran yang sehat akan sangat membantu dalam membuat tubuh kembali normal.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Makanan Sehat Bergizi untuk Masa Pemulihan Setelah Sakit"

Posting Komentar