Generasi 4G Bagi Pengguna Smartphone



Pada saat ini smartphone merupakan perlengkapan yang sudah tidak bisa terpisahkan lagi, bahkan bisa dikatakan sebagai kebutuhan primer di kehidupan kita. Karena kemanapun dan dimanapun kita berada pasti akan berhubungan dengan apa yang dinamakan smartphone, baik untuk digunakan sebagai alat komunikasi ataupun digunakan sebagai alat penunjang dalam melakukan pekerjaannya sehari-hari.

Dikarenakan perkembangan smartphone yang sangat pesat pada saat ini menjadikan para produsennya terus mengembangkan system aplikasi yang terdapat pada smartphone baik dari bentuk dan tampilannya ataupun dari program-program yang terdapat di dalamnya. Yang saat ini sangat ramai diperbincangkan oleh orang banyak yaitu, mengenai smartphone generasi 4G


Generasi ini merupakan perkembangan dari generasi telepon pintar sebelumnya yang terus ditingkatkan kualitasnya untuk lebih mempermudah lagi para penggunanya dalam melakukan kegiatannya, seperti berkomunikasi ataupun berselancar di dunia maya. Pada beberapa tahun ke belakang kita telah mengenal dengan teknologi 3G, yang mana teknologi 3G ini menjadi raja koneksi yang paling cepat dan banyak diminati banyak orang pada saat itu. Tetapi sekarang teknologi 3G ini sudah berlalu dan tergantikan oleh generasi 4G. Sebenarnya apa itu generation 4G?. 4G merupakan singkatan dari fourth generation technology (teknologi generasi ke 4). 

Istilah ini pada umumnya digunakan untuk menjelaskan pengembangan teknologi telepon seluler. System 4G ini menyediakan solusi IP yang komprehensif dimana suara, arus multimedia dan data dapat tersampaikan kepada para pengguna telepon pintar kapan saja dan di mana saja. Rata-rata data yang terdapat dalam generasi ini lebih besar dari pada generasi sebelumnya, dan kecepatannyapun melebihi kecepatan generasi sebelumnya. Teknologi 4G akan menawarkan segala jenis layanan dengan harga yang sangat terjangkau, setiap handset 4G akan lengsung mempunyai nomor IP v6 dilengkapi dengan kemampuan untuk bisa berhubungan langsung dengan internet telephony yang berbasis session initiation protocol (SIP). 

Peningkatan kecepatan pada jaringan 4G ini sangat mengesankan, karena diakibatkan oleh penggunaan OFDM (orthogonal frequency division multiplexing). Dalam penggunaannya tidak hanya mengurangi jumlah waktu yang dibutuhkan untuk buffer dan terhubung ke halaman web, tetapi juga bisa meminimalkan gangguan ketika kita sedang menggunakannya. Ketika kita menggunakan telepon pintar yang menggunakan 4G pada saat streaming video dan bermain game online, hasil yang didapat akan lebih bagus dari telepon pintar pada umumnya.

Postingan terkait: