Penyebab Mencret dan Cara Menghindarinya

Mencret atau di kenal juga dengan istilah diare adalah penyakit yang menyerang sistem pencernaan manusia. Penyakit ini menyebabkan penderitanya melakukan buang air besar yang cair beberapa kali dalam waktu sehari. Diare sering terjadi pada lingkungan sekitar kita tak menutup kemungkinan keluarga kita mungkin saja pernah atau memilki peluang untuk terkena penyakit mencret ini. Penyakit diare atau mencret ini cukup berbahaya jika penderita banyak kehilangan cairan dalam tubuhnya atau disebut juga dengan dehidrasi.

Oleh karena itu anda sebagai orang tua harus waspada pada penyakit ini dan selalu menjaga anak-anak anda agar tidak terkena. Untuk membantu anda melakukannya disini akan dijelaskan penyebab mencret dan juga cara menghindarinya khusus untuk anda agar seluruh anggota keluarga anda selalu sehat. Silahkan disimak.

Penyebab Mencret dan Cara Menghindarinya
Penyebab mencret paling utama disebabkan oleh makanan. Oleh karena itu sebagai orang tua anda wajib memperhatikan pola makan anak dan makanan apa saja yang ia konsumsi. Beberapa makanan yang menjadi pemicu terkena penyakit mencret ini adalah makanan pedas, kacang-kacangan, bawang putih dan juga jeruk. Makanan itu jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan akan membuat pencernaan anda terganggu dan juga menyebabkan terjadinya diare.

Selain itu makanan yang kotor terkena kuman, bakteri, parasit, dan juga vius dapat menjadi penyebab utama yang sering terjadi. Biasanya hal ini berlaku pada anak-anak. Anak-anak yang sering bermain diluar dan langsung memegang makanannya tanpa mencuci tangan terlebih dahulu akan membuat bakeri yang menempel pada tangan terkena makanan dan masuk kedalam tubuh. Sebagai orang tua anda harus mengajarkan anak untuk mencuci tangan pakai sabun sebelum makan sejak dini.

Selanjutnya makanan yang basi, beracun, serta alergi pada makanan. Jauhi makanan yag seperti ini jika anda tidak ingin terkena penyakit diare. Sebaiknya anda benar-benar berhati-hati pada setiap makanan yang anda konsumsi dan pastikan kelayakan makanan tersebut. Terlebih lagi jika anda memilki alergi pada salah satu jenis makanan, maka anda harus menghindari makanan itu sebisa mungkin.

Setelah mengetahui penyebab mencret diatas maka selanjutnya ana juga harus mengetahui cara menghindari penyakit mencret. Hal yang perlu anda perhatikan adalah mengajari anak anda mencuci tangan sebelum makan pakai sabun anti bakteri. Sabun yang dapat anda percaya dan andalkan adalah Lifebuoy anti bakteri. Selain itu kebersihan lingkungan rumah juga harus anda jaga setiap saat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Penyebab Mencret dan Cara Menghindarinya"

Posting Komentar