Makanan Penambah Darah untuk Ibu Hamil dan Kesehatan Janin



Adanya banyak dan beragam jenis makanan penambah darah yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil, itu bertujuan untuk mencegah terjadinya anemia selama kehamilan dan menjaga kesehatan janin. Anemia merupakan penyakit yang dapat mengganggu kesehatan ibu hamil dan tumbuh kembanga janin. Maka dari itu, penting untuk menjaga produksi sel darah merah dalam tubuh untuk kehamilan agar tetap terjaga.


Berikut ini merupakan beberapa makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil guna menjaga kadar darah yang sehat dan mencegah anemia:


Sayuran Hijau


Sayuran hijau seperti bayam, kale dan brokoli mengandung zat besi non-heme yang mudah diserap oleh tubuh. Dengan mengkonsumsi sayuran hijau segar secara teratur dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin dan mencegah anemia.


Daging Merah


Daging merah merupakan sumber zat besi heme yang mudah diserap oleh tubuh. Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi daging merah tanpa lemak, seperti daging sapi tanpa lemak atau daging kalkun, untuk memenuhi kebutuhan zat besi harian.


Telur


Telur merupakan sumber zat besi dan protein yang baik untuk ibu hamil. Konsumsi telur rebus baik bagi ibu hamil yang membutuhkan asupan zat besi tambahan.


Kacang Kacangan


Kacang kacangan seperti kacang merah, kacang hitam dan kacang polong banyak mengandung zat besi, protein dan serat yang penting untuk kesehatan ibu dan janin. Tambahkan kacang kacangan ini ke dalam diet harian Anda untuk meningkatkan asupan zat besi yang dibutuhkan.


Buah Buahan Kaya Vitamin C


Buah buahan seperti jeruk, stroberi dan kiwi kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh. Anda dapat mengkonsumsi buah buahan ini bersama dengan makanan yang mengandung zat besi lainnya untuk memaksimalkan penyerapan zat besi dalam tubuh.


Sereal yang Diperkaya

Anda bisa memilih sereal yang diperkaya dengan zat besi dan asam folat untuk memastikan asupan nutrisi yang cukup selama kehamilan. Sereal diperkaya seringkali menjadi sumber yang baik untuk mendapatkan zat besi tambahan.


Produk Susu


Produk susu seperti yogurt atau susu rendah lemak mempunyai kandungan zat besi dan kalsium yang penting untuk kesehatan tulang dan tentunya untuk pertumbuhan janin juga. Anda bisa kombinasikan susu dengan buah buahan untuk menjadi menu makanan yang lebih menarik.


Itulah beberapa makanan penambah darah yang bisa Anda pertimbangan untuk mencegah terjadinya Anemia, selain menjaga kesehatan ibu dan janin, lengkapi juga perlengkapan persalinan bayi dengan popok dari MAKUKU SAP Diapers, yang merupakan pelopor popok super tipis serta super serap dan anti gumpal pertama di indonesia, berkat teknologi ini bayi dan orang tua akan merasa lebih nyaman.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk " Makanan Penambah Darah untuk Ibu Hamil dan Kesehatan Janin"

Posting Komentar