Perhatikan Hal Ini Saat Memantau Perkembangan Bayi 5 Bulan





Semua orang tua sadar bahwa memantau perkembangan bayi perlu dimulai sejak dari lahir. Begitu pula ketika memasuki usia 5 bulan, Anda harus mengetahui apa saja yang bisa mereka lakukan. Memantau perkembangan bayi 5 bulan membantu mengoptimalkan perkembangannya. 

Selain itu, Anda juga bisa meminimalisir risiko stunting karena penanganan yang tepat. Berikut ini beberapa perkembangan yang perlu Anda perhatikan:

1. Bobot dan Panjang atau Tinggi Bayi

Pertama Anda harus memantau pertumbuhan bayi berupa bobot dan panjang atau tinggi badannya. Bayi laki-laki dan perempuan memiliki bobot dan panjang yang berbeda-beda. 

Pada bayi perempuan bobot atau berat badannya yaitu 5,5 sampai 9 kg. Sedangkan pada bayi laki-laki bobot idealnya 6 sampai 9 kg. Sementara panjang badan bayi perempuan yaitu 60 sampai 68 cm dan panjang bayi laki-laki 62 sampai 70 cm. 

2. Kemampuan Motorik

Perkembangan motorik bayi 5 bulan juga terjadi dengan cukup pesat dibandingkan bulan sebelumnya. Bayi di usia ini bisa menggerakkan tubuh dari terlentang ke tengkurap atau sebaliknya. Selain itu, bayi bisa meraih benda, melempar benda, duduk tanpa ditopang, dan lain sebagainya. 

3. Kemampuan Bicara

Kemampuan bicara dan bahasa bayi 5 bulan menjadi hal selanjutnya yang perlu Anda perhatikan. Bayi 5 bulan memahami kata sederhana misalnya tidak. Selain itu, bayi juga mengucapkan kata seperti ma, pa, dan lain-lain. Si Kecil umumnya mudah terganggu oleh suara, jadi bawa mereka ke tempat kecil apabila sedang menyusu.

4. Interaksi Bayi

Interaksi berhubungan dengan kemampuan sosial yang dimiliki oleh bayi. Pada usia 5 bulan, bayi mulai menolehkan kepalanya ketika ada yang memanggil. Si Kecil biasanya juga sudah memberikan isyarat tertentu misalnya mengangkat tangan untuk minta gendong. Banyak ekspresi yang diperlihatkan mulai dari seih, tertawa, tersenyum, dan lain-lain.

Sudah paham apa saja yang harus Anda perhatikan dari perkembangan bayi 5 bulan? Namun perlu Anda ingat bahwa perkembangan setiap bayi bisa berbeda. Apabila ada tanda-tanda keterlambatan perkembangan, pastikan segera membawanya ke ahli. Gunakan juga popok yang nyaman dan anti ruam yaitu MAKUKU SAP Diapers. Dengan begitu Si Kecil lebih nyaman untuk bereksplorasi. 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Perhatikan Hal Ini Saat Memantau Perkembangan Bayi 5 Bulan"

Posting Komentar