Inilah Bahan Membuat Rawon agar Lezat dan Gurih

Rawon adalah menu makanan berkuah khas nusantara yang menjadi salah satu makanan paling populer di tanah air. Ada banyak bahan membuat rawon agar terlihat sempurna, gurih dan juga lezat.

Bahan rawon terbagi ke dalam beberapa bagian mulai dari bahan utama, bumbu hingga topping. Agar rasanya otentik, berikut ini kami sudah merangkum sejumlah bahan pembuatan masakan tersebut.

1.  Bahan Utama

Menu yang satu ini memiliki bahan utama daging sapi. Pastikan Anda memilih jenis daging sapi yang tidak mengandung banyak lemak maupun serat. Daging tanpa lemak akan jauh lebih bagus dibandingkan dengan yang berlemak maupun berserat.

Umumnya daging dipotong seperti dadu kemudian diolah dengan cara direbus agar tidak alot ketika dikonsumsi.

2.  Bumbu-Bumbu yang Tidak dihaluskan

Bahan yang kedua yaitu bumbu yang tidak dihaluskan. Adapun jenis bumbunya yaitu seperti daun bawang, lengkuas, jahe, daun jeruk, daun salam, serai, tomat/asam jawa dan bawang merah goreng untuk topping.

Bumbu tersebut tidak dihaluskan, contohnya seperti jahe yang hanya digeprek saja, begitu juga dengan lengkuas.



3.  Bumbu yang Dihaluskan

Bahan selanjutnya yaitu bumbu-bumbu yang dihaluskan. Adapun jenis bumbunya di antaranya seperti bawang putih, bawang merah, kemiri, kluwek, garam, kaldu sapi bubuk, penyedap rasa, lada bubuk, sejumput ketumbar, kunyit, dan gula merah.

Bumbu yang dihaluskan ini semuanya dicampur kecuali penyedap rasa, garam dan juga kaldu sapi. Bumbu ini akan membuat rasa dari rawon tersebut menjadi lebih gurih dan juga lezat.

4.  Bahan Topping

Selain bawang goreng, Anda juga bisa menambahkan topping lainnya. Umumnya untuk topping sendiri cukup banyak mulai dari jeruk nipis, cabe merah, hingga sambal yang terbuat dari cabe merah keriting dan cabe rawit.

Topping akan membuat rasa dari rawon ini menjadi lebih lezat dan juga sempurna. Contohnya seperti jeruk nipis yang bisa menambah rasa asam dan juga wangi.

Itulah berbagai bahan membuat rawon yang bisa Anda coba gunakan untuk membuatnya. Informasi seputar resep masakan lain bisa Anda temukan langsung di situs Unilever Food Solutions.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk " Inilah Bahan Membuat Rawon agar Lezat dan Gurih"

Posting Komentar