Pahami Manfaat Inulin, Definisi dan Cara Kerjanya

Inulin adalah serat prebiotik yang memberi makan mikroba usus Anda. Cari tahu bagaimana manfaat inulin bagi kesehatan Anda. Prebiotik adalah molekul khusus yang mendukung kesehatan mikrobioma usus dengan mendorong pertumbuhan bakteri baik di dalam usus besar Anda. Sama seperti Anda, tanpa makanan mikroba ini tidak dapat berkembang. Makanan kaya inulin dapat melakukan hal itu.


Apa itu Inulin?

Inulin adalah jenis serat probiotik yang ditemukan di banyak makanan nabati. Tubuh manusia tidak membuat enzim pencernaan yang dapat memecah inulin. Alih-alih dicerna di perut dan usus kecil, ia berjalan melalui sistem pencernaan ke usus besar di mana ia memberi makan bakteri usus. Inulin ditemukan di banyak makanan umum, termasuk bawang merah dan bawang putih. Namun, inulin menyebabkan bakteri menghasilkan banyak gas, yang dapat menyebabkan perut kembung dan sakit perut. Untuk alasan ini, itu harus dikonsumsi dalam jumlah sedang.

Bagaimana Cara Kerja Inulin?

Manfaat inulin dapat membantu kelimpahan bakteri baik yang menjaga usus Anda tetap sehat seperti Bifidobacteria. Bifidobacteria itu adalah mikroba probiotik yang membantu menjaga keseimbangan dalam mikrobioma dan mencegah penyerang. Ini juga berlaku untuk bakteri penghasil butirat-butirat yang merupakan asam lemak rantai pendek khusus yang mengisi sel-sel usus, memelihara lapisan usus, dan memerangi peradangan.


Inulin juga merupakan jenis serat larut, yang penting untuk kesehatan pencernaan secara umum. Serat larut menyerap air di usus untuk membentuk zat seperti gel, yang melunakkan tinja, mengurangi rasa lapar, meningkatkan motilitas, dan mengurangi sembelit.




Manfaat Inulin

Inulin adalah serat larut yang memberi nutrisi pada mikroba usus, meredakan sembelit, dan bahkan membantu tubuh menyerap magnesium dan kalsium. Manfaat inulin juga antara lain menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe II.


1. Kesehatan usus

Prebiotik meningkatkan kelimpahan bakteri yang meningkatkan kesehatan di usus Anda dan meningkatkan aktivitasnya. Inulin adalah prebiotik yang dapat membantu mendiversifikasi mikrobioma usus (yang merupakan tanda kesehatan usus) dan menyediakan bahan bakar bagi bakteri baik untuk membuat zat penting, seperti asam lemak rantai pendek dan vitamin.


2. Sembelit

Inulin merupakan serat larut yang dapat meredakan sembelit. Serat larut menyerap air di usus, menciptakan tekstur seperti gel dan melunakkan kotoran dalam tubuh. Ini menormalkan transit usus dan meredakan sembelit.


3. Inulin

Sebuah studi 2013 yang melibatkan 49 wanita dengan diabetes tipe II menemukan bahwa suplemen makanan inulin mengurangi kadar gula darah ketika berpuasa dan HbA1c secara signifikan. Sebuah  tinjauan dari banyak penelitian menggunakan serat inulin menegaskan bahwa probiotik ini dapat membantu dalam mengelola gula darah dan masalah lipid darah pada orang tua dengan diabetes tipe II.


4. Penurunan berat badan 

Serat larut membantu mengurangi rasa lapar dan meningkatkan rasa kenyang setelah makan. Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa serat larut inulin dapat meningkatkan penurunan berat badan, terutama pada individu pra diabetes.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pahami Manfaat Inulin, Definisi dan Cara Kerjanya"

Posting Komentar