5 Cara Menyembuhkan Alergi Kulit Pada Si Kecil Dengan Tepat

cara menyembuhkan alergi

Anak-anak sering mengalami alergi. Biasanya gejala alergi yang muncul pada anak meliputi muntah, bersin, gatal, atau kulit kemerahan. Ada banyak pemicu yang menyebabkan anak terkena alergi kulit, misalnya dari debu, makanan, bulu hewan peliharaan, minuman, atau zat kimia. Selain mengetahui faktor pemicunya, Anda juga harus tahu cara menyembuhkan alergi kulit pada anak. Cara mengatasi alergi ada bermacam-macam, salah satunya dengan memberikan perawatan terbaik.

Ketika anak mengalami masalah kulit, Anda perlu memberikan perhatian yang lebih kepadanya. Dengan memberikan perawatan yang penuh kasih sayang, si kecil akan merasa lebih diperhatikan. Gunakan juga beberapa cara berikut ini untuk mencegah terjadinya alergi kulit pada anak.

Tips Mencegah Alergi Kulit Pada Anak

cara menyembuhkan alergi

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi risiko anak terkena alergi pada kulit:

1. Memperhatikan Kebersihan Lingkungan

Tips pertama yang bisa Anda terapkan adalah memperhatikan kebersihan lingkungan dengan baik. Apalagi banyak anak kecil yang mengalami alergi dipicu oleh kondisi di dalam ruangan. Supaya si kecil terhindar dari alergi kulit, Anda bisa melakukan beberapa hal seperti berikut ini:

Bersihkan semua ruangan dengan baik dan rutin, gunakan sapu serta vakum.

Jika Anda menggunakan karpet, maka bersihkan secara teratur agar tidak ada debu atau bulu hewan bersarang.

Simpan mainan anak dengan baik sehingga tidak menyebabkan adanya bulu atau debu.

Jangan biarkan bulu-bulu hewan bertumpuk di sekitar anak.

2. Gunakan Air Hangat Untuk Si Kecil Mandi

Anda bisa memandikan si kecil menggunakan air hangat saat alerginya sedang kambuh. Tujuannya untuk membuat kondisi tubuh lebih tenang dan nyaman.

Pastikan untuk memandikan anak dengan air hangat dalam durasi yang tidak terlalu lama atau terlalu sebentar. Anda juga bisa menggunakan produk bayi yang anti alergen supaya tidak akan menimbulkan gejala alergi yang lebih parah.

3. Mengoleskan Salep atau krim

Perhatikan juga kelembaban kulit si kecil setelah ia mandi. Pastikan untuk menggunakan handuk lembut dan bersih agar kulit anak yang sensitif tetap merasa nyaman. 

Ketika kulit si kecil telah benar-benar kering, Anda bisa mengatasinya dengan mengoleskan krim dari dokter sesuai petunjuk pemakaian yang berlaku.

4. Jaga Agar Tidak Sering Menggaruk

Sensasi gatal pada kulit pasti menyebabkan siapapun jadi ingin menggaruk, termasuk anak kecil. Sehingga hal itu bisa menyebabkan anak kecil jadi rewel. Meski demikian, Anda tidak bisa membiarkan si kecil untuk menggaruk area kulit yang gatal karena bisa menyebabkan infeksi atau luka. 

Selain mengantisipasi agar si kecil tidak selalu menggaruk kulitnya, Anda juga bisa menjaga kebersihan tangan anak. Pastikan selalu mencuci tangan si kecil agar keduanya tetap bersih dari kuman.

5. Memberikan Perawatan Dengan Lembut

Anda juga perlu memberikan perawatan ekstra dan hati-hati kepada si kecil. Caranya dengan menggunakan handuk lembut, atau produk-produk bayi yang aman.

Ketika membeli produk pembersih untuk kulit atau perawatan bayi, pastikan untuk membaca kandungan didalamnya terlebih dahulu. Pilih produk yang bebas parfum, terbuat dari bahan yang alami, aman, serta bebas dari pewarna.

Ketika anak mengalami alergi kulit, pastikan untuk menjaganya dengan baik. Selain itu, ketahui juga pemicu utama alergi kulit sehingga Anda bisa mengantisipasinya di kemudian hari.

Selain menggunakan cara di atas, Anda juga bisa meminta nasihat dokter. Mintalah mintalah saran mengenai cara menyembuhkan alergi kulit pada anak yang tepat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk " 5 Cara Menyembuhkan Alergi Kulit Pada Si Kecil Dengan Tepat"

Posting Komentar