4 Hal yang Perlu Orang Tua Lakukan Untuk Menjaga Kesehatan Anak

Image result for 4 Hal yang Perlu Orang Tua Lakukan Untuk Menjaga Kesehatan Anak
Untuk anak bisa tumbuh dan berkembang secara optimal, maka diperlukan sebuah langkah tepat dalam menjaga kesehatannya. 

Hal pertama yang harus orang tua lakukan untuk menjaga kesehatan anak, yaitu:

1. Memberikan makanan bergizi

Untuk masa pertumbuhan dan perkembangan anak yang optimal sesuai usianya, maka orang tua wajib memberikan asupan makanan yang bergizi sempurna. Dengan makanan yang sehat itulah, tubuh anak menjadi kuat dalam menangkal serangan bakteri dan virus yang menjadi penyebab timbulnya penyakit.

Adapun unsur gizi terbaik yang diperlukan pada pertumbuhan dan perkembangan anak , yaitu diantaranya adalah karbohidrat, protein, lemak baik, vitamin, dan mineral. Untuk komposisinya sekitar 50-70% karbohidrat, 20-30% lemak, dan 10-15% protein.

2. Menjaga kebersihan

Selain memberikan asupan makanan yang kaya gizi, kebersihan diri pun harus tetap dijaga. Karena hal tersebut merupakan salah satu faktor penting dalam menciptakan tubuh anak yang kuat terhadap serangan berbagai macam penyakit. Mulailah mengajarkan anak mencuci tangan sebelum dan setelah makan, setiap selesai buang air kecil maupun besar, mandi dua kali setiap hari, menggosok gigi sebelum tidur dan setelah bangun tidur, serta mengajarkan mencuci kaki sebelum ia tidur. 

3. Aktif bergerak

Adanya aktivitas fisik bagi orang dewasa adalah hal penting dalam menjaga kesehatannya. Begitupun anak-anak, sudah seharusnya orang tua mengajarkan beberapa gerakan ringan untuk melatih fisiknya agar tidak kaku. Misalnya dengan berlari-lari kecil, berayun, menari, bermain lompat tinggi, dan beberapa kegiatan fisik lainnya. Agar anak tidak terkesan bosan, ajaklah mereka supa aktif bergerak dengan cara bermain saja.

4. Tidak jajan sembarangan

Salah satu faktor yang membuat anak gampang sakit, yaitu jajan sembarangan. Biasanya ini terjadi saat jauh dari pantauan orang tua, yakni di lingkungan sekolah. Agar anak tidak jajan sembarangan, solusinya adalah memberi bekal makanan dan minuman kesukaannya yang biasa orang tua bikin di rumah. Selain itu, orang tua juga harus memberikan pemahaman yang masuk di akal dan sekiranya dapat diterima anak, terkait jajan sembarangan itu tidak baik.

Demikian 4 hal penting yang harus dilakukan orang tua dalam menjaga kesehatan anak. Untuk informasi kesehatan lainnya, Anda bisa simak di artikel kami selanjutnya.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "4 Hal yang Perlu Orang Tua Lakukan Untuk Menjaga Kesehatan Anak"

Posting Komentar