Tips Menjaga Daya Tahan Batre Smartphone


Spesifikasi dari smartphone yang menjadi perhatian konsumen adalah kapasitas dan daya tahan baterai. Jika terbukti smartphone tersebut memiliki kapasitas besar dan daya tahan baterai lama saat digunakan, maka itulah yang menjadi prioritas penting yang dipertimbangkan. Kendati demikian, kapasitas besar dan daya tahan baterai yang lama, tidak menjamin kualitasnya akan bisa digunakan hingga beberapa tahun kedepan. Yang terpenting adalah cermati terlebih dahulu tips menjaga daya tahan batre smartphone agar lebih maksimal dalam setiap kali digunakan, bahkan meliputi jangka waktu bertahun-tahun kedepan.

Berikut ini adalah tips menjaga daya tahan batre smartphone yang bisa Anda coba di rumah:

Gunakan alat charge berkualitas


Biasanya orang-orang sangat tertarik dengan kata praktis, begitu pun demikian pada charger smartphone. Banyak dipasaran beredar satu kepala charger yang bisa mengisi baterai smartphone hingga tiga sampai lima smartphone sekaligus.

Memang praktis, tetapi perlu Anda ketahui bahwa hal tersebut akan mengakibatkan sumber daya listrik yang masuk tidak stabil. Bahkan bisa menurunkan kapasitas baterai dan daya tahan yang menurun saat digunakan.

Tetaplah menggunakan charge berkualitas yang original sesuai dengan merk smartphone Anda. Tinggal mengetahui bagaimana cara mengisi baterai smartphone dengan baik dan dijamin baterai di HP Anda akan awet dan tahan lama.

Perhatikan siklus pengecasan


Biasanya pada beberapa merk smartphone menunjukan kondisi baterai pada opsi penyetelan atau Setting. Di sana memberikan informasi penting terkait siklus pengecasan yang berdampak buruk pada baterai.


Misalkan pada beberapa merk ternama smartphone memberikan jatah pengecasan 500 kali, selebihnya kapasitas dan data baterai mulai menurun menjadi 80%.

Oleh sebab itu, jangan sekali kali mencabut charger selama masih dalam pengecasan apalagi baterai belum terisi penuh. Karena hal tersebut dapat menyumbang siklus pengecasan dua kali lipat.

Hindari Stres fisik perangkat


Hindari smartphone Anda dari bantingan atau terjatuh, karena bukan saja fisiknya lecet tetapi performa baterai bisa saja berkurang yang disebabkan oleh komponen di dalam baterai yang terurai.

Bahkan penguraian tersebut dapat membuyarkan bahan kimia di dalam baterai dan mengalami pengeroposan, sehingga daya tahan baterai menjadi menurun.

Perhatikan temperatur saat nge-charge


Suhu ruangan yang ideal untuk melakukan pengecasan yaitu sekitar 20 derajat celcius atau 70 derajat fahrenheit. Hindari nge-charge smartphone di bawah 0 derajat celcius atau di atas 45 derajat celcius, karena dapat mengakibatkan kerusakan pada fungsi baterai secara permanen.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Menjaga Daya Tahan Batre Smartphone"

Posting Komentar