Perbedaan Asuransi Konvensional dengan Asuransi Syariah

Pada zaman sekarang ini, masih banyak masyarakat yang menggunakan asuransi konvensional, meskipun kini sudah banyak juga yang menggunakan asuransi syariah. Namun kini, sudah banyak masyarakat yang beralih ke asuransi syariah, karena manfaat dan keuntungan yang terdapat di dalamnya. Bagi Anda yang belum paham, maka sebaiknya Anda pelajari terlebih dahulu perbedaan asuransi konvensional dan asuransi syariah.

Dalam perbedaannya, asuransi konvensional merupakan suatu perjanjian antara peserta asuransi dan perusahaan asuransi dengan cara membayar premi yang mengikat pada perjanjian kontrak, sedangkan asuransi syariah merupakan suatu usaha saling tolong-menolong antara dua orang atau lebih dengan dana yang dikelola oleh perusahaan asuransi melalui sebuah investasi yang sesuai dengan hukum Islam.

Berikut ini adalah perbedaan antara asuransi konvensional dengan asuransi syariah, antara lain :
 
1. Asuransi konvensional : Adanya kesepakatan antara pihak penanggung dan tertanggung dengan membayar premi yang akan mengikat perjanjian kontrak.
Asuransi syariah : Adanya kesepakatan beberapa orang dengan tujuan saling membantu dan bekerja sama demi keuntungan antara kedua belah pihak.

2. Asuransi konvensional : Memiliki sistem yang berkembang berdasarkan pikiran dan kebudayaan manusia yang mengikuti zaman.
Asuransi syariah : Memiliki sistem yang berdasarkan ajaran hukum agama Islam.

3. Asuransi konvensional : Investasi dana pada asuransi konvensional menggunakan sistem bunga.
Asuransi syariah : Investasi dana pada asuransi syariah menggunakan sistem bagi hasil investasi.

4. Asuransi konvensional : Dana yang terkumpul menjadi hak milik perusahaan.
Asuransi syariah : Dana yang dibayarkan nasabah tetap menjadi hak milik nasabah.

5. Asuransi konvensional : Tidak memiliki Dewan Pengawas yang mengawasi kinerjanya.
Asuransi syariah : Memiliki Dewan Pengawas Syariah (DPS) yang mengawasi kinerjanya.

Dari penjelasan perbedaan antara asuransi konvensional dan asuransi syariah, sudah sangat jelas bahwa asuransi syariah lebih menguntungkan dibandingkan asuransi konvensional. Karena asuransi syariah memang lebih mengutamakan sesuai ajaran hukum Islam yang tidak memperbolehkan melakukan kerugian terhadap orang lain.

Tetapi Anda juga harus lebih berhati-hati dalam memilih asuransi syariah, sebelum memutuskan untuk memilih perusahaan asuransi, sebaiknya Anda mengetahui asuransi syariah tersebut memiliki kualitas yang baik atau tidak. Semoga ulasan mengenai perbedaan antara asuransi konvensional dengan asuransi syariah dapat bermanfaat dan menjadi bahan pertimbangan untuk Ada sebelum memilih asuransi yang sesuai.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Perbedaan Asuransi Konvensional dengan Asuransi Syariah"

Posting Komentar