Faktor-Faktor yang Diperhitungkan Dalam Menyusun Strategi Humas

Faktor-Faktor yang Diperhitungkan Dalam Menyusun Strategi Humas

Teori Strategi Humas merupakan bagian manajemen dari perusahaan yang direncanakan untuk dijalankan secara berkesinambungan. Strategi humas ini digunakan untuk memperoleh serta membina saling pengertian untuk menciptakan citra positif pada perusahaan. Dengan cara menilai pendapat publik bertujuan untuk menghubungkan kebijaksanaan dan pelaksanaan. Gunannya untuk mencapai kerja sama yang produktif bagi kepentingan bersama.

Dalam hubungan masyarakat ini ada suatu usaha dalam mewujudkan hubungan harmonis antara perusahaan dengan publik. Sebuah usaha untuk menanamkan kesan menyenangkan, sehingga muncul pendapat publik yang menguntungkan perusahaan atau organisasi. 

Karena itu, dibutuhkan strategi komunikasi yang tepat dan harus memperhitungkan beberapa faktor ini!

Kenali dulu tujuan atau sasaran komunikasi

Sebelum bertindak, harus mempelajari dulu siapa yang menjadi sasaran komunikasi ini dan tentukan dulu tujuan dari komunikasi yang akan dilakukan. Apakah nantinya komunikan hanya tahu saja sebagaimana metode informatif atau inginnya komunikan melakukan tindakan tertentu atau yang disebut metode persuasif atau instruktif.

Perhatikan situasi dan kondisi

Situasi yang dimaksud adalah keadaan komunikan yang akan menerima informasi atau pesan yang akan disampaikan. Sedangkan kondisi yakni kedaan fisik dan psikis dari komunikan ketika dia menerima pesan komunikasi yang disampaikan. Dengan memperhatikan itu semua diharapkan tujuan bisa terealisasi secara maksimal.

Pilih media komunikasi yang digunakan

Agar sasaran komunikasi sampai dengan baik, pemilihan media perlu dilakukan. Tidak hanya menggunakan satu media saja, tapi bisa juga hasil gabungan dari beberapa media. Yang paling penting adalah komunikasi bisa tercapai seperti yang telah diharapkan. Pilih mana yang terbaik dan gabungkan fungsinya, karena masing-masing media memiliki kekurangan dan kelebihan.

Faktor-Faktor yang Diperhitungkan Dalam Menyusun Strategi Humas

Pengkajian tujuan pesan atau informasi

Tentukan tujuan komunikasi yang akan dilaksanakan, ini diperlukan untuk menentukan teknik atau langkah yang mesti diambil. Apakah mengenai teknik informasi, persuasi ataupun instruksi.
Itulah beberapa faktor yang termasuk dalam teori strategi humas. Dengan mempelajari dan memahami hal-hal diatas, kemungkinan besar tujuan dari humas bisa terwujud sesuai yang diinginkan. Untuk lebih jelasnya Anda bisa belajar di misi.id.




Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Faktor-Faktor yang Diperhitungkan Dalam Menyusun Strategi Humas"

Posting Komentar