Penampilan Saat Hendak Melamar Pekerjaan


Pada saat hendak melamar pekerjaan, tentunya anda harus menyesuaikan penampilan anda dengan lingkungan sekitar. Jangan sampai anda salah kostum dan dianggap tidak professional atau ceroboh dengan menampilkan gaya berpakaian anda yang terlihat tidak mempersiapkan diri ketika hendak melamar pekerjaan. Salah satu pepatah lama mengatakan “anda tidak akan pernah mendapatkan kesempatan kedua untuk membuat kesan pertama”. 

Ketika pertama kali hendak melamar pekerjaan, yang harus anda perhatikan adalah memperhatikan budaya dan jenis perusahaan yang hendak anda masukan lamaran dan berpakaian sesuai dengan adat perusahaan tersebut. Apakah karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut mengenakan jas dan dasi atau hanya mengenakan jeans dan kaos oblong seperti biasa. 

Apabila anda ingin mendapatkan sebuah pekerjaan, pilihan cara berpakaian anda harus sesuai dengan pakaian kerja normal perusahaan. Ketepatan adalah hal yang paling penting tentang apa yang harus dikenakan saat wawancara kerja.
Selanjutnya hal yang tidak kalah penting untuk menunjang penampilan anda saat melamar pekerjaan adalah sebagai berikut:
  • Jangan memakai perhiasan mencolok, sebab anda akan di cap sebagai pribadi yang berlebihan. Karena, berpenampilan menarik saat bekerja bukan masalah banyak atau tidaknya perhiasan yang anda kenakan.
  • Jangan memakai parfum yang berlebihan. Anda tidak tahu jika pewawancara anda nantinya alergi atau tidak menyukai jenis parfum yang anda kenakan, dan ini bukan cara yang baik untuk mencari tahu.
  • Pastikan anda memiliki potongan rambut bersih dan membuat anda terlihat rapi.
  • Untuk pria, pastikan anda mencukur rambut wajah dan jangan lupa membersihkan wajah anda sebelum wawancara agar menghindari wajah kusam.
  • Bagi wanita, jangan memakai pakaian yang terlalu terbuka.
  • Selain itu, bagi wanita jangan pula menggunakan make up terlalu berlebihan layaknya hendak pergi ke acara undangan pernikahan teman anda.kenakan warna-warna natural dan hindari pemakaian eyeshadow dengan warna mencolok. Cukup gunakan eyeliner tipis dan lipstick soft agar anda tidak terlihat pucat saat melamar pekerjaan.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Penampilan Saat Hendak Melamar Pekerjaan"

Posting Komentar