Sekilas Mengenai Indonesia University (UI)


Indonesia University atau biasa disebut dengan Universitas Indonesia merupakan salah satu kampus ternama di Indonesia bahkan di Luar Negeri. Sebuah perguruan tinggi di Indonesia Universitas Indonesia atau Indonesia University (UI) ini kampus utamanya terletak di bagian utara dari depok, Jawa Barat tepat di perbatasan antara Depok dengan wilayah Jakarta Selatan, sedangkan kampus utama lainnya terletak di daerah Salemba, Jakarta Pusat. Kampus Indonesia adalah kampus modern, terbuka, komprehensif, multi budaya serta humanis yang mencakup disiplin ilmu yang luas. Secara umum Universitas Indonesia (UI) dianggap sebaga salah satu dari tiga perguruan tinggi ternama di Indonesia bersama dengan UGM atau Universitas Gadjah Mada dan ITB atau Institut Teknologi Bandung.

Perguruan tinggi Indonesia University (UI) yang berdiri pada tahun 1849 (sebagai dokter djawa school batavia) dan berubah nama pada tahun 1954-sekarang sebagai Universitas Indonesia (UI). Mempunyai moto veritas, probitas, lustitia atau dalam bahasa Indonesia mempunya arti kebenaran, kejujuran, dan keadilan. Awal mulanya UI mempunyai sembilan Fakulteit dan 3 lembaga yang tersebar di lima kota, yaitu Fakulteit kedokteran, Fakulteit Ilmu Hukum dan Ilmu pengetahuan masyarakat, serta Fakulteit sastra dan filsafat di Jakarta. Fakulteit Pertanian dan kedokteran hewan di Bogor. Fakulteit ilmu alam dan ilmu pasti, fakulteit ilmu pengetahuan tekhnik dan lembaga pendidikan guru menggambar di Bandung. Fakulteit kedokteran dan lembaga kedokteran gigi di Surabaya. Dan fakultas Ekonomi di Makassar.

Pada tahun 1955 undang-undang nomor 10 tentang pengubahan kata Universiteit dan universitit disyahkan, sehingga sejak itu Universiteit Indonesia secara resmi diubah namanya menjadi Universitas Indonesia atau biasa disebut Indonesia University. Berangsur-angsur fakultas-fakultas yang berada di daerah memisahkan diri membentuk lembaga pendidikan yang berdiri sendiri. Pada tanggal 2 maret 1959 fakultas tekhnik dan fakultas ilmu pengetahuan alam di Bandung memisahkan diri menjadi Institut Teknologi Bandung. Selanjutnya pada 1 september 1963 fakultas pertanian dan fakultas kedokteran hewan UI memisahkan diri menjadi institut pertanian bogor. Sedangkan fakultas di surabaya menjadi Universitas Airlangga dan di Makassar menjadi Universitas Hasanuddin.

Postingan terkait: