Ibu Adalah Guru Komunikasi Anak

Berbicara merupakan elemen penting dalam komunikasi. Tidak ada istilah komunikasi ketika tidak mampu berbicara terutama komunikasi lisan. Selain itu, berbicara merupakan salah satu ciri dan tanda bahwa seseorang itu normal. Normal dalam artian semua organ bicaranya bisa berfungsi sehingga memungkinkan seseorang untuk merangkai kata hingga menjadi kalimat dalam tema menyampaikan informasi atau meminta bantuan dan lain-lain. 
Ibu Adalah Guru Komunikasi Anak
Kemampuan berbicara ini tentu sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa yang harus disyukuri. Namun, anugerah ini pun dicapai melalui syariat yang secara sadar atau tidak dilakukan oleh sang ibu, ayah atau orang-orang yang berada di lingkungan orang tersebut pada saat bayi hingga memasuki usia anak. Agar tumbuh kembang bayi maksimal, konsumsi susu formula seperti Dancow adalah solusi yang tepat. 

Peranan orang-orang disekeliling sanga anak ketika kecil terutama sang ibu sangat mendominasi dalam periode pemerolehan bahasa sang anak. Secara teori anak bisa berbicara karena ia sudah menyerap simbol-simbol bahasa berupa kata-kata dan partikel bahasa lainnya kemudian sang anak pun meniru bagaimana kata-kata itu dioperasikan layaknya orang dewasa, walaupun tentu kata yang kemudian menjadi kalimat yang diproduksi sang anak tentunya tidak sesempurna orang tuanya. 

Namun inilah proses berbahasa anak. Oleh karena itu, cara mengajari anak bicara yang efektif adalah melalui interaksi dengan orang –orang di sekeliling sang anak itu sendiri terutama sang ibu. Mengajak ngobrol sang anak, mendongeng, melakukan instruksi-instruksi sederhana dan sebagai berikut merupakan hal-hal yang berkontribusi terhadap proses perkembangan komunikasi lisan anak. 

Disamping itu, mengetahui cara mengajari anak bicara merupakan bagian dari aktualisasi parenting atau pola asuh orang tua pada anaknya. Secara alami memang manusia dengan insting lingkungannya akan bisa berbicara. Namun, tentu saja orang tua sesuai do’anya selalu menginginkan anak yang bisa membuat bangga orang tuanya. 

Berbicara dengan bahasa yang kurang pantas dan kasar tentu tidak diinginkan oleh siapapun kecuali lingkungan tertentu. Oleh sebab itu, kata-kata yang terucap pada saat berbicara haruslah kata-kata yang baik dan dipandang orang sebagai bahasa yang pas pada tempatnya. 

Keadaan bahasa yang baik tersebut adalah buah kerja keras orang tua sang anak semenjak sang anak bayi hingga anak bahkan dewasa. Dengan demikian orang tua yang baik adalah mereka yang mengetahui cara mengajari anak bicara.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Ibu Adalah Guru Komunikasi Anak"

Posting Komentar