4 Cara Agar Bisa Menghindari Keperluan Berhutang

Hutang adalah hal yang tidak disukai banyak orang, namun hampir selalu diperlukan oleh banyak orang. Baik untuk urusan mendadak seperti memperbaiki mobil yang ditabrak, biaya rumah sakit, ataupun biaya untuk sekolah maupun modal usaha, pinjaman biasanya tak terhindarkan. Namun jika Anda tak bersiap, bisa-bisa Anda terlilit hutang, meski lembaga keuangan seperti amalan.id bisa membantu Anda.

Jangan salah mengira bahwa lembaga seperti Amalan membantu dengan memberikan pinjaman tambahan yang akan membuat Anda gali lubang tutup lubang, atau dengan cara di luar hukum. Justru solusi yang diberikan adalah memberikan Anda nasihat dan konsultasi keuangan untuk mengatur anggaran rumah tangga, serta menjadi perantara Anda dengan bank untuk melakukan negosiasi.


Namun cara terbaik dari menangani hutang adalah dengan menghindari hutang itu sendiri. Beginilah yang bisa Anda lakukan:

1. Buat anggaran
Meski terlihat sepele, anggaran adalah cara dasar yang efektif untuk mengatur keuangan. Dengan adanya anggaran, Anda jadi tahu pendapatan dan pengeluaran Anda, menyusun prioritas, membereskan tagihan, dll.

2. Sisihkan sebagian
Setiap kali Anda menerima gaji atau uang saku, Anda sebaiknya menyisihkan sebagian di rekening yang lain, yang hanya boleh Anda sentuh jika sedang benar-benar perlu saja. Bahkan mungkin Anda tak perlu membuat kartu debit.

3. Konsultasi keuangan
Anda juga bisa memanfaatkan jasa dari konsultan finansial untuk melihat apa saja aset yang Anda punya, bagaimana mengembangkannya agar bertambah, dan juga bagaimana supaya Anda bisa menekan pengeluaran yang mungkin tak Anda sadari.

4. Buat target
Untuk membantu Anda menghindari hutang yang tak perlu, Anda bisa membuat target saat akan membeli atau mengumpulkan uang. Misalnya saja, Anda menargetkan bahwa Anda akan menabung 3 bulan untuk membeli kompor baru.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan terhindar dari hutang, dan mayoritas adalah dengan mengenal kekuatan keuangan sendiri, dan bagaimana mengatur serta merencanakan sesuatu dengannya. Dengan kebijakan tersebut, Anda pun tak harus bergantung pada hutang atau pinjaman untuk bisa memenuhi kebutuhan Anda. Tapi jika sudah terlanjur dan ingin cepat melunasi hutang, Anda bisa meminta bantuan dari lembaga seperti Amalan.id.

Postingan terkait: