Cara Mendapatkan Kredit Mobil Murah dan Berkualitas

Keinginan memiliki mobil pribadi tentu membuat kita berusaha dengan berbagai cara untuk mendapatkannya. Mulai dari bekerja keras dengan harapan akan mendapatkan tambahan bonus yang cukup untuk membeli kendaraan tersebut hingga dengan cara instan mencari kredit mobil murah yang banyak ditawarkan oleh iklan-iklan koran saat ini. Sebenarnya, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memutuskan membeli kendaraan dengan kredit tersebut agar nantinya tidak sampai terlalu membebani keuangan hingga berlarut-larut. Perhatikan cara-cara berikut ini.

Cara Mendapatkan Kredit Mobil Murah dan Berkualitas

Hitung dan sadari kemampuan keuangan Anda

Membeli kendaraan secara kredit memang mudah, namun jangan lupa bahwa setelah itu akan ada kewajiban yang harus Anda tanggung selama beberapa tahun ke depan sesuai masa angsuran pinjaman yang diambil. Jangan sampai hanya karena tergiur dengan iklan yang menawarkan pembiayaan dengan harga terjangkau kemudian Anda lupa dengan kemampuan sendiri. Oleh sebab itu tentukan beberapa hal berikut:

1. Catat dan kalkulasi secara tepat berapa jumlah pendapatan Anda setiap bulan dengan kebutuhan yang harus dipenuhi. Dari situ akan muncul berapa nominal yang bisa Anda sisihkan untuk membayar angsuran bulanan sebagai patokan awal kemampuan keuangan Anda,
2. Pilih jenis kendaraan sesuai dengan kemampuan Anda tersebut, jangan sampai hanya terlalu menginginkan sebuah merk kendaraan kemudian Anda melupakan kemampuan Anda tersebut.

Cari dealer atau penjual yang memberi promo potongan harga

Semakin lesunya kondisi perekonomian dan menurunnya permintaan atas kendaraan khususnya mobil, bisa menjadi momen tepat bagi Anda untuk memiliki kendaraan. Ini dikarenakan biasanya akan banyak dealer atau penjual mobil yang rela memberikan potongan harga besar-besaran agar stock barang yang dimilikinya bisa cepat laku. Dengan mencari penjual yang tepat (menjual dengan harga promo), maka sedikit banyak pinjaman yang akan Anda ajukan ke perbankan bisa lebih rendah dari harga sebenarnya. Tentu saja nantinya akan memperingan biaya angsuran Anda kedepannya.

Tentukan leasing atau perbankan yang tepat

Persaingan pada lembaga pembiayaan tentu juga merupakan keuntungan tersendiri untuk Anda. Pemberian fasilitas bunga rendah, pemberian hadiah langsung atau kemudahan dalam proses pencairan dana adalah beberapa penawaran menarik yang biasanya diberikan lembaga pembiayaan ini untuk menggaet calon debitur. Telitilah dahulu penawaran-penawaran tersebut sebelum memutuskan untuk menjadi salah satu debitur dari lembaga tersebut, karena ada kalanya beberapa lembaga menawarkan kemudahan di depan tapi ternyata seiring berjalannya waktu mereka membebankan biaya-biaya yang mungkin akan memberatkan Anda.

Cari penjual yang bisa memberikan fasilitas cicilan DP

Jika Anda merasa bahwa harga kendaraan masih terlalu tinggi sehingga pembayaran DP yang sesuai ketentuan (30% dari harga jual) memberatkan Anda, maka mencari penjual atau dealer yang bisa memberikan kemudahan cicilan DP adalah solusinya. Meskipun mungkin kendaraan akan sampai di tangan Anda ketika DP tersebut lunas, setidaknya Anda tidak perlu lagi menambah pinjaman hanya untuk menutup DP.

Segera mengajukan pinjaman

Ada baiknya bila sudah menemukan kendaraan, penjual dan leasing yang tepat, Anda segera mengajukan aplikasi permohonan pinjaman untuk menghindari:

• Adanya perubahan penawaran dari setiap pihak tersebut,
• Kenaikan harga yang tidak terduga,
• Keinginan untuk mendapatkan kendaraan lain.

Itulah beberapa cara yang bisa ditempuh agar Anda bisa mendapatkan kredit mobil murah sesuai dengan kemampuan keuangan Anda. Perlu diingat bahwa meneliti perjanjian pembiayaan yang diberikan oleh leasing juga harus Anda lakukan. Ini dimaksudkan agar Anda nantinya tidak terjebak dengan adanya kewajiban yang tidak diketahui atau tidak diberitahukan oleh sales leasing kepada Anda saat menawarkan produk pinjaman.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Mendapatkan Kredit Mobil Murah dan Berkualitas"

Posting Komentar